Seminar Jawara Internet Sehat Masuk Desa, Katakan Tidak Untuk Hoax!

0
200

Onlinekoe.com | Mesuji — Mengingat maraknya berita dan kabar Hoax atau bohong, Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Kabupaten Mesuji menggelar Seminar Jawara Internet Sehat Masuk Desa, dengan mengambil tema Hoax dan Keamanan Data. Bertempat di Balai Desa Dwi Karya Mustika (DKM), Kecamatan Mesuji Timur, Jumat, (10/12).

Kegiatan yang dihadiri Kepala serta seluruh aparatur, perangkat dan masyarakat Desa DKM tersebut, merupakan hasil kerjasama ICT Watch dan WhatsApp dengan dukungan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Relawan TIK Indonesia, Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, dan Pemerintah Daerah.

Ketua RTIK Kabupaten Mesuji, Nara Sukarna dalam sambutannya menyampaikan, tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk mendorong anak muda di Bumi Ragab Begawe Caram agar dapat berperan serta dalam program Indonesia Makin Cakap Digital, mengingat saat ini era digital.

“Saya mewakili teman-teman RTIK Mesuji sangat mengapresiasi semangat, antusiasme perangkat dan masyarakat Desa DKM dalam mengikuti kegiatan ini. Dimana melalui kegiatan ini, saya berharap dapat mengedukasi tentang pentingnya mensortir dan menyebarkan informasi, serta sadar pentingnya keamanan data, baik data pribadi maupun data yang menyangkut kepentingan serta kegiatan desa,” urainya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa DKM Edi Santosa menyambut baik kegiatan yang diadakan oleh RTIK Mesuji, yang ingin berbagi ilmu dan wawasan berkaitan dengan bagaimana cara mengelola informasi, serta keamanan data pada era digital seperti saat ini.

“Saya berterima kasih dan menyambut baik kegiatan ini, karena menurut saya ini sangat penting diketahui oleh perangkat dan masyarakat saya khususnya, supaya kedepan bisa lebih bijak dan hati-hati baik dalam menggunakan media sosial maupun dalam mengelola informasi serta keamanan data di desa. Mudah-mudahan kegiatan semacam ini dapat berkelanjutan agar selalu ada pembinaan lebih lanjut dalam mendukung percepatan menuju Desa Digital,” ucapnya.

Diketahui, pasca terbentuk pada pertengahan tahun 2021, RTIK Kabupaten Mesuji gencar menggelar kegiatan-kegiatan berkaitan dengan teknologi dan informasi di era digital. Salah satunya dengan menggelar Roadshow ke desa-desa di beberapa Kecamatan di Mesuji, melalui kegiatan Jawara Internet Sehat Masuk Desa, sehingga dapat mengedukasi perangkat dan masyarakat agar melek digital serta bijak dalam memanfaatkan teknologi.

Pada kegiatan tersebut, RTIK Mesuji melibatkan beberapa organisasi dan lembaga untuk ikut bersama-sama mengedukasi masyarakat, diantaranya PWI Kabupaten Mesuji, Dinas Kominfo Kabupaten Mesuji, Pengurus Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Mesuji dan Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Mesuji.

Sebelumnya, RTIK Mesuji menggelar kegiatan serupa di Desa Muara Tenang, Kecamatan Tanjung Raya, yang juga melibatkan beberapa Organisasi Perangkat Daerah yakni Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Mesuji, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Mesuji serta dihadiri Ketua RTIK Provinsi Lampung. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here