Beranda Lampung SMPN 2 Gunung Labuhan Ingin Berprestasi dan Menjadi Sekolah TABIK

SMPN 2 Gunung Labuhan Ingin Berprestasi dan Menjadi Sekolah TABIK

Onlinekoe.com – Sekolah yang tertib, aman, berbudaya, indah dan kreatif (TABIK). Sekolah TABIK menjadi target dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Gunung Labuhan. Sekolah milik pemerintah ini yang berdiri di atas lahan seluas 16.165 m2 dengan luas bangunan yang dimiliki 1.547 m2 ini beroperasi pada tahun 1998. SMP Negeri 2 Gunung Labuhan yang memiliki NPSN : 10806726 terakreditasi B ini beralamat di Jl. Gula Tubu No. 130 Bengkulu Kec. Gunung Labuhan Kab. Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung.

Sekolah yang termasuk punya kemajuan pesat ini memiliki kelas 7, kelas 8 dan kelas 9 terdiri dari 18 rombongan belajar dengan jumlah siswa 482 orang. SMP Negeri 2 Gunung Labuhan ini mulai tahun 2018 di bawah pimpinan Kepala Sekolah Drs.Suparno, MM yang didukung 49 orang pegawai yang terdiri dari guru dan staf.

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Gunung Labuhan Drs. Suparno, MM mengatakan, dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM) didukung dengan fasilitas penunjang perpustakaan, laboratorium IPA, lboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Multimedia dan juga ditunjang dengan berbagai kegiatan ekstra kurikuler yang bertujuan untuk menggali potensi dan prestasi siswa sesuai dengan visi dan misi sekolah.

Lebih lanjut, lulusan S-2 Program Magister Manajemen Universitas Saburai Bandar Lampung ini memaparkan visi sekolah menjadikan SMP Negeri 2 Gunung Labuhan Sekolah TABIK. Kami ingin SMP Negeri 2 Gunung Labuhan menjadi sekolah yang tertib, aman, berbudaya, indah dan kreatif. Untuk itu kami bersama-sama terus berbenah diri memperbaiki performa dan prestasi, ujar alumni Program Studi Bahasa Inggris STKIP PGRI Bandar Lampung tahun 1991ini optimistis.

Yang jadi target para pengelolaSMP Negeri 2 Gunung Labuhan, lanjut Suparno, jelasnya ada 10 langkah; Unggul dalam prestasi akademik dan non kademik, terwujudnya proses pembelajaran yang variatif dan inovatif, terwujudnya administrasi kurikulum yang lengkap dan berstandar nasional, terwujudnya komitmen dan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional, terwujudnya pengelolaan pendidikan partisipatif, transparan, dan akuntabel, terwujudnya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dan relevan dalam mendukung PBM, terwujudnya sumber dana yang memadai, memenuhi kegiatan sekolah yang berstandar nasional, terwujudnya sistem penilaian beragam (multiaspek) untuk semua mata pelajaran dan semua jenjang kelas, terwujudnya lingkungan sekolah yang kondusif, ramah, tertib, bersih, indah dan asri dan terwujudnya warga sekolah yang mempunyai jati diri (memiliki karakter bangsa).

Kami terus berupaya untuk menggenjot prestasi akademik, salah satu sasarannya agar akreditasi sekolah meningkat agar sekolah terakreditasi A. Demikian juga prestasi eskstra kurikuler seperti; pramuka, drumband dan eskul lainnya juga menorehkan prestasi yang membanggakan, tekad Suparno yang mengemban tugas Kepala Sekolah di SMP Negeri 2 Gunung Labuhan sejak tahun 2018 lalu.

Di samping itu, imbuh Suparno, pihak sekolah terus berusaha meningkatkan sarana dan prasarana sekolah serta berbagai fasilitas agar KBM dan kegiatan pendukung lainnya bisa berjalan dengan lancar.

Suparno juga menegaskan, kualitas sumber daya manusia, tentunya menjadi prioritas, pasalnya ini merupakan modal dasar dalam meraih prestasi. Peningkatan kualitas guru menjadi salah satu program penting. “Pihak sekolah terus mendorong agar para guru PNS lolos sertifikasi semua. Disiplin, intergritas dan penguasaan kurikulum dalam menjalankan tugas guru juga menjadi perhatian. Menciptakan iklim yang kondusif dalam KBM juga tak boleh terabaikan dalam upaya prestasi akademik maupun non akademik, imbuh suami Dra Umsiah yang juga berprofesi guru.

Untuk itu ke depan , lanjut lelaki low profil ini, mengatakan, pihak sekolah bersama-sama stakeholder berupaya mewujudkan visi sekolah melalui langkah kongkret yang diemban lewat misi sekolah yaitu; Mewujudkan lulusan yang unggul dalam prestasi akademik dan non kademik, mewujudkan proses pembelajaran yang variatif dan inovatif, mewujudkan administrasi kurikulum yang lengkap dan berstandar nasional, mewujudkan komitmen dan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional, mewujudkan pengelolaan pendidikan partisipatif, transparan, dan akuntabel, mewujudkan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dan relevan dalam mendukung PB, mewujudkan sumber dana yang memadai, memenuhi kegiatan sekolah yang berstandar nasional dan internasional, mewujudkan sistem penilaian beragam (multiaspek) untuk semua mata pelajaran dan semua jenjang kelas, mewujudkan lingkungan sekolah yang kondusif, ramah, tertib, bersih, indah, dan asri dan mewujudkan warga sekolah yang memiliki karakter budaya bangsa.

Untuk mencapai visi sekolah, lanjut Ketua MKKS SMP Kabupaten Way Kanan ini , pihaknya berupaya menumbuhkembangkan potensi yang dimiliki warga sekolah juga menggandeng dan melibatkan stakeholder seperti Komite Sekolah dan Masyarakat. Warga sekolah, stakeholder dan masyarakat punya tanggungjawab bersama untuk menumbuhkembangkan potensi yang ada untuk mewujudkan cita-cita SMPN 2 Gunung Lanuhan menjadi sekolah TABIK tercapai, ujar Suparno yang mengawali kariernya jadi guru di SMP Negeri 1 Pakuan Ratu.

Bapak dari Alfi Pratama dan Nisrina Pratiwi ini menambahkan kalau SMP Negeri 2 Gunung Labuhan belakangan ini banyak kemajuan dan membukukan prestasi , karena hasil kerja keras para guru, murid dan pemangku kepentingan. Belum lama ini kami bersama-sama masyarakat dan pemangku kepentingan mendeklarasikan sekolah unggul dan ramah anak, pungkas Suparno mengunci perbincangan. (Christian Saputro)

PRESTASI SMP NEGERI 2 GUNUNG LABUHAN WAY KANAN

1.CATUR PUTRA (O2SN) JUARA II 2016 PROVINSI LAMPUNG
2.CATUR PUTRA (O2SN) JUARA I 2016 KAB. WAY KANAN
3.BADMINTON PUTRA (O2SN) JUARA II 2016 KAB. WAY KANAN
4.RENANG PUTRI (O2SN) JUARA II 2017 KAB. WAY KANAN
5.PERKEMAHAN JUARA II 2017 KEC. GUNUNG LABUHAN
6.KWARTIR RANTING JUARA I PUTRA 2017 KAB. WAY KANAN
7.PIONERINGJUARA II 2017 SMAN I GUNUNG LABUHAN
8.JELAJAH RIMBA JUARA III 2017 SMAN I GUNUNG LABUHAN
9.MTQ PUTRI JUARA II 2017 KAB. WAY KANAN
10.KWARTIR RANTING JUARA I 2017 KEC. GUNUNG LABUHAN
11.JOGET KOMANDO JUARA I 2017 SMAN 1 GUNUNG LABUHAN
12.BADMINTON PUTRA (O2SN) JUARA III 2017 KAB. WAY KANAN
13.PBB GAPRA GALANG JUARA III 2017 SMAN 1 GUNUNG LABUHAN
14.PBB PRAMUKA JUARA I 2018 KEC. GUNUNG LABUHAN
15.PENTAS SENI JUARA I 2018 KEC. GUNUNG LABUHAN
16.PIONERING JUARA I 2018 SMAN 1 GUNUNG LABUHAN
17.AZAN, HUT PRAMUKA JUARA II 2018 KEC. GUNUNG LABUHAN
18.TARIK TAMBANG PUTRI JUARA III 2018 KAB. WAY KANAN
19.TARIK TAMBANG PUTRA JUARA III 2018 KAB. WAY KANAN
20.GAPRA GALANG JUARA UMUM 2018 SMAN 1 GUNUNG LABUHAN
21.CERDAS BERAZAS PRAMUKA JUARA III 2018 KEC. GUNUNG LABUHAN
22.PENTAS SENI JUARA I 2018 KEC. GUNUNG LABUHAN
23.JELAJAH RIMBA JUARA II 2018 KEC. GUNUNG LABUHAN
24.PBB TONGKAT JUARA III 2018 KEC. GUNUNG LABUHAN
25.JOGET KOMANDO JUARA I 2018 KEC. GUNUNG LABUHAN
26.RENANG PUTRI (O2SN) JUARA III 2018 KAB. WAY KANAN
27.KARATE PUTRA (O2SN) JUARA II 2018 KAB. WAY KANAN
28.LCT PENTAS PAI NASIONAL JUARA I 2018 KAB. WAY KANAN
29.PIDATO BAHASA LAMPUNG JUARA III 2018 KAB. WAY KANAN.
(Christian Saputro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here