Beranda Lampung Sri Rahayu, Dosen STIE Lampung Timur Raih Gelar Doktor ke-504 UNS

Sri Rahayu, Dosen STIE Lampung Timur Raih Gelar Doktor ke-504 UNS

Onlinekoe.com, SURAKARTA – Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lampung Timur, Sri Rahayu meraih gelar doktor di bidang Ilmu Ekonomi ke-504 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dan ke-77 pada Program Doktor Ilmu Ekonomi yang berlangsung di Ruang Aula Gedung 4 Lantai 3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS, Jalan Ir. Sutami 36A Kentingan Surakarta, Senin (29/7/2019).

Pada Ujian Promosi Doktor Doktornya, Sri Rahayu menghadapi dewan penguji yakni Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S; Prof. Drs. Ir. Sutarno, M.Sc., Ph.D; Prof. Djoko Suhardjanto, M.Com (Hons), Ph.D., Akt; Prof. Dr. Rahmawati, M.Si., Akt; Prof. Dr. Tulus Haryono, M.Ek; Dr. Mugi Harsono, M.Si; Dr. Ahmad Ikhwan Setiawan, M.T; Prof. Dr. Wisnu Untoro, M.S; Dr. Lilik Wahyudi, M.Si dan Prof. Dr. Hj. Ratih Hurriyati, M.P.

Sri Rahayu berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Peran Keterikatan Nilai Ramah Lingkungan Sebagai Pemediasi Pengaruh Keunggulan Produk Hijau Pada Loyalitas Merek. “Di hadapan penguji, saya berhasil memperoleh nilai Indek Prestasi Komulatif (IPK) sebesar 3,82 dengan predikat cumlaude,” kata istri dari suami Dr. Budi Kadaryanto, S.Pd. M.A ini.

Dalam disertasinya, Sri Rahayu menyampaikan tentang persaingan produk kosmetik ramah lingkungan (green cosmetics) yang semakin ketat. Menurutnya perusahaan tidak hanya meningkatkan citra merek hijau saja tapi harus keterikatan nilai ramah lingkungan.

“Sebab konsumen yang meyakini nilai-nilai lingkungan akan terikat pada merek hijau dan akan setia pada merek tersebut, saya juga meyakini jika mereka para konsumen merasa turut berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan”, tandasnya.

Penelitian ini mengembangkan model teoritikal dasar dan empirik untuk menjembatani adanya kesengajaan penelitian mengenai citra merek hijau dengan loyalitas merek. “Populasi penelitian ini adalah pelanggan produk kosmetik ramah lingkungan merek The Body Shop di Provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, khususnya Kota Yogyakarta, Semarang, Solo Raya,” kata Sri Rahayu.

Lebih lanjut Ibu Yayu biasa ia disapa, mengatakan secara khusus penelitian ini untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh kemanfaatan utilitarian, kepuasan serta citra merek hijau pada keterikatan nilai ramah lingkungan untuk meningkatkan loyalitas merek.

“Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ketertarikan nilai ramah lingkungan mampu berperan sebagai pemediasi bagi kesenjangan hubungan antara citra merek hijau dengan loyalitas merek (2) kemanfaatan utilitarian berpengaruh positif dan signifikan pada citra merek hijau dan kepuasan merek hijau (3) Citra merek hijau berpengaruh positif dan signifikan pada kepuasan merek hijau dan keterikatan nilai ramah lingkungan (4) kepuasan merek hijau berpengaruh positif dan signifikan pada keterikatan nilai ramah lingkungan dan loyalitas merek (5) citra merek hijau berpengaruh negatif dan tidak signifikan pada loyalitas merek,” papar dia.

Sri Rahayu menempuh studi S3-nya di Universitas Sebelas Maret Surakarta sejak September 2014. Turut hadir menghadiri sidang promosi doktor antara lain Wakil Bupati Pringsewu Dr. Hi. Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., CA, Ketua STIE Lampung Timur Buchori, M.M, Ketua STIT Pringsewu Dwi Rohmadi Mustofa, M.Pd, Ketua STIT Multazam Lampung Barat Dedi Irawan, S.E., M.E.Sy, Ketua STIT Tanggamus Muhammad Idris, M.Pd.I serta rombongan keluarga besar lainnya. (benk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here