Beranda Ragam STKIP MPL Pemenang Program PDS 2018

STKIP MPL Pemenang Program PDS 2018

Onlinekoe.com, PRINGSEWU – Pada tahun 2018 STKIP Muhammadiyah Pringsewu menjadi salah satu pemenang dalam hibah Program Penugasan Dosen di sekolah dari Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan, kegiatan ini sebagai bentuk upaya memperbaiki proses pembelajaran yang sudah dilakukan.
Ketua tim program Penugasan Dosen Sekolah Nurfaizal M.Pd mendampingi Ketua STKIP Muhammadiyah Pringsewu Drs. H. A Rahman, M.M.,M.Pd yang di temu di kampus setempat baru baru ini
mengatakan bentuk kolaborasi antara Dosen dan Guru disekolah merupakan penekanan dari program ini.
PDS yang beranggotakan,Rahma Faelosafi, M.Sc, Ana Istiani, M.Si dilakukan di Lima sekolah mitra yaitu SMA Muhammadiyah Pringsewu. SMK Muhammadiyah Pringsewu, SMK Muhammadiyah Ambarawa, SMP Muhammadiyah Pringsewu, SMP Muhammadiyah Gading Rejo.” Program PDS sudaj dimulai sejak bulan Juni – Oktober 2018,” jelas Faizal.
Pogram PDS memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai upaya pengaliran informasi terkini dari LPTK ke sekolah mitra dan upaya pembinaan kualitas pembelajaran. Peningkatan profesionalisme guru dalam pembelajaran dapat diidentifikasi dari kemampuannya melengkapi pembelajaran dengan metode sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Pengembangan metode/model/strategi pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan mengingat kemampuan guru untuk mendesain metode/model/strategi pembelajaran masih perlu ada pembinaan.
Adapun tujuan program penugasan dosen di sekolah yaitu memperoleh penghayatan tentang suasana kependidikan di sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas/kejuruan muhammadiyah di wilayah kecamatan Pringsewu, Gadingrejo, dan Ambarawa. Kenudian memiliki pengalaman langsung sebagai tutor dan pendidik di sekolah mitra, memberikan inovasi kepada sekolah laboratorium dan/atau sekolah mitra. Selanjutnya membenahi manajemen mutu di sekolah laboratorium dan/atau sekolah mitra.
“Program PDS yang dilaksanakan diharapkan mampu mendukung mewujudkan pendidikan bermutu di sekolah mitra,” papanya. Program ini merupakan salah satu bentuk program yang mendukung tujuan dari revitalisasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang berbasis sekolah. Dimana pada hakekatnya lanjut Faizal program ini dilaksanakan sebagai salah satu bagian dari tugas dosen yang termaktub dalam pengabdian kepada masyaraka. Lebih jauh di katakan Faizal program ini bermanfaat mengalirkan perkembangan IPTEKS pembelajaran yang dikembangkan di LPTK kepada sekolah di tempat PDS berlangsung.(benk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here