Beranda Ragam Syahrudin: Proses BLUD Waktu 3 bulan, Kado Diakhir Tahun Bagi Lamtim

Syahrudin: Proses BLUD Waktu 3 bulan, Kado Diakhir Tahun Bagi Lamtim

Onlinekoe.com, METRO – Ini adalah sejarah yang harus dihargai, cepat nya perwujudan proses BLUD yang hanya memakan waktu 3 bulan saja, luar biasa, kerja cermatnya. ini adalah kado diakhir tahun bagi Kabupaten Lampung Timur.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera saat memberikan sambutan pada acara Penilaian Dokumen Persyaratan Administrasi Penerapan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PKK-BLUD) UPTD Puskesmas, yang diadakan di Hotel Grand Sekuntum, Metro, Rabu (26/12/2018).

Pada kesempatan tersebut, membacakan sambutan Bupati Lampung Timur, Syahrudin menjelaskan bahwa proses persiapan menuju penerapan pengelolaan keuangan badan layanan umum daerah puskesmas di daerah Kabupaten Lampung Timur telah dimulai sejak bulan oktober 2018 yang lalu. Dalam prosesnya tahapan demi tahapan telah dilalui sampai tiba pada saatnya melakukan proses akhir yakni penilaian terhadap persyaratan PPK BLUD itu sendiri.

“Saya berharap proses penilaian ini dapat berjalan dengan sebaik-baiknya dan berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga dapat dipertanggung jawabkan sampai pada implementasinya”.
Lebih lanjut Syahrudin berharap kepada seluruh tim penilai agar benar-benar memastikan kesiapan puskesmas dalam menerapkan prinsip BLUD.

“Kepada tim penilai PPK BLUD Puskesmas Kabupaten Lampung Timur, saya berharap proses penilaian ini benar-benar digunakan untuk memastikan kesiapan puskesmas dalam menerapkan prinsip BLUD di puskesmas se-Kabupaten Lampung Timur”.

Ditempat yang sama, dalam laporannya, Plt.Kepala Dinas Kesehatan Lampung Timur, Syamsurijal menyampaikan bahwa tujuan diadakannya penilaian ini ialah untuk menilai dokumen persyaratan administratif PPK-BLUD puskesmas se-Kabupaten Lampung Timur untuk melihat kelayakan puskesmas dalam menerapkan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum daerah.

Syamsurijal menjelaskan, sasaran dari kegiatan ini ialah 34 puskesmas yang ada di seluruh Kabupaten Lampung Timur yang mana setiap puskesmas nantinya akan dinilai dari setiap aspek antara lain dokumen tata kelola, dokumen standar pelayanan minimal, dokumen rencana strategi bisnis, dokumen laporan keuangan, surat pernyataan kepala puskesmas bersedia diaudit, dan surat pernyataan kepala puskesmas untuk meningkatkan kinerja.

Sementara itu, tim penilai pada kegiatan ini diketuai langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera dengan sekretaris Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Ahmad Sirojudin, dan beranggotakan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Tarmizi, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Junaidi, Kepala Inspektorat Kabupaten Lampung Timur, Nurdin Syifrizal, Plt.Kepala Dinas Kesehatan Lampung Timur, Syamsurijal, Kepala Bagian Hukum Setdakab Lampung Timur, Sudarli, dan Tenaga Ahli Purna Bhakti BPKP Perwakilan Provinsi Lampung. (Humas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here