Beranda Ragam Tanaman Jagung Bantuan Kementerian Pertanian, Realisasi 9000 Hektar

Tanaman Jagung Bantuan Kementerian Pertanian, Realisasi 9000 Hektar

Onlinekoe.com, Bireuen – Rencana tanam jagung bantuan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, sekitar 11.017 Hektar jagung pada lahan warga masyarakat,baru realisasi sebanyak 9000 Hektar.

Semua lahan petani pada gampong gampong pada 16 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bireuen,sudah ditata untuk tanam jagung menurut Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bireuen Muhammad Nasir,yang di konfirmasikan media ini Selasa Pagi (12/11) menyebutkan bahwa sejak bulan Oktober sudah mulai penenanam jagung jenis Bisi 18.

Sisa lahan dari dua ribu lebih lagi,akan ditanami sekitar akhir Nopember sampai Desember 2019,kini petani sedang mempersiapkan lahan untuk perkembangan jagung, bantuan Anggaran Pendapatan Belanja Negara Tahun 2019 ini,untuk petani diberikan benih dan racun rumput.

Insyaallah,pencapaian penanaman jagung Desember selesai, diperkirakan panen,Maret 2020,akan ditampung oleh Jaffa sekitar harga Rp 4000/ kg,target dalam satu hektar sekira tujuh ton jagung, berkadar air lima belas persen,tambah M Nasir.

Pengambangan jagung pada lahan tidur,petani sambut gembira, sebagai mana dijelaskan Abdul Aziz,53, Petani Jagung di Kecamatan Juli,yang dihubungi media ini secara terpisah,mengatakan biaya pembersihan  lahan racun rumput dan benih jagung,diberikan kepada petani secara cuma-cuma.

Lahan sudah dibersihkan,penanaman tahap berikutnya Nopember dan akhir Desember, apalagi tanam jagung ada siraman hujan dari Allah SWT,selama ini,tumbuh baik, sebut sejumlah petani yang tergabung dalam kelompok tani (r.jibro).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here