Tinjau Akibat Banjir, Bupati Sabar AS : Perlu Aksi Secepatnya

Pasaman – Dampak banjir yang melanda wilayah Pasaman beberapa daerah Pasaman, menyisakan banyaknya rusak sarana dan prasarana dibeberapa tempat, seperti halnya yang dirasakan oleh masyarakat Nagari Lubuak layang.

Bupati Pasaman didampingi beberapa kepala OPD terkait, meninjau langsung daerah yang cukup parah, diantaranya wilayah Batang tingkarang dimana waduk pengaman kampung amblas akibat besarnya air sungai.

Disamping itu juga disebabkan oleh batang sibinail dan batang asik jorong 8 nagari lubuak layang kecamatan Rao selatan, Sabtu (4 Mei 2024).

Wali nagari Lubuak Layang kepada awak media dilain tempat menjelaskan, bahwa sungai merupakan muara pertemuan tiga sungai besar diantarnya batang sibinail, Batang Sumpur dan dan batang asik.

Shingga sangat rentan terhadap banjir apa bila hujan terus menerus dalam peristiwa ini banyak kebun jagung, sawah dan kolam mengalami kerusakan cukup parah, sehingga mengganggu perekonomian masyarakat
setempat,

Disamping lahan masyarakat banyak yang terkikis , sungai juga sudah dekat ke pemukiman masyarakat, terutama untuk jorong 8 akibat meluapnya batang Sumpur dan jorong 1.3.4 dan 5 juga mengalami hal yang sama, terang Uldi,

Dan kita berharap, untuk pengamanan kampung dari banjir ini, tidak hanya normalisasi, sebaiknya pemasangan geronjong dan pengedaman,, ungkap Uldi,

Sementara itu Bupati Pasaman Sabar AS saat peninjauan tersebut mengatakan, kunjungan yang dilaksanakan tersebut merupakan salah satu wujud perhatian Pemerintah daerah pada hajat hidup masyarakat.

Terkait dengan adanya kerusakan segera ditindaklanjuti, untuk OPD yang bersangkutan supaya dianggarkan dalam perubahan anggaran tahun anggaran 2024 ini.

“Hal ini sangat penting dilaksanakan secaaptnya menginggat dampak yang ditimbulkan sangat besar,” tutup Sabar AS.

(UL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here