Toyota End Year Media Gathering, Toyota Paparkan Penjualan Wholesales Positif di Penghujung 2023

Onlinekoe – Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto (keempat kanan) didampingi Direktur Marketing TAM Anton Jimmi Suwandy (kelima kanan) bersama para juri dan 9 kontestan pemenang Toyota Rangga Concept Digital Modification Contest (DigiModz), di sela acara Toyota Indonesia End Year Media Gathering 2023, yang berlangsung di Lavva Lounge, Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (12/12).

Seiring berkembangnya industri modifikasi otomotif nasional, TAM berkolaborasi dengan NMAA (National Modificator and Aftermarket Association) untuk membuka kesempatan bagi para desainer lokal mengelaborasi berbagai ide konversi mobil niaga serbaguna berbasis Hilux Rangga yang menghasilkan banyak inspirasi aktivitas usaha.

Sejalan visi Mobility for All, desain konversi hasil lomba ini diharapkan dapat dieksekusi menjadi produk nyata yang mendukung dan menumbuhkan kegiatan ekonomi masyarakat.

PT Toyota-Astra Motor (TAM) memproyeksikan whole sales 2023 akan tumbuh positif dibanding tahun lalu berdasarkan penjualan Januari – November 2023 yang telah mencapai 304.736s unit dengan market share 33,1%. Catatan positif ini berarti pula Toyota berhasil mempertahankan market share di atas 30% selama 5 tahun terakhir meskipun banyak APM kendaraan roda empat baru hadir di Indonesia.

Whole sales kendaraan elektrifikasi (xEV) Toyota periode Januari – November 2023 juga turut meningkat mencapai 33.603 unit dengan market share 54,3%. Naik lebih dari 6 kali lipat dari periode yang sama tahun 2022. Dengan visi Mobility for All, kehadiran xEV kebanggaan nasional All New Kijang Innova Zenix HEV dan All New Yaris Cross HEV, membawa angin segar pada penjualan mobil ramah lingkungan Toyota di Indonesia.

“PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengucapkan terima kasih atas loyalitas pelanggan yang memercayakan produk kami sebagai mobility solution. Kami juga mengapresiasi upaya pemerintah membangun iklim xEV yang semakin kondusif sehingga popularitas kendaraan elektrifikasi Toyota meningkat dan masyarakat masih mempercayai Toyota sebagai pilihan utama mobilitas. Hasilnya adalah whole sales xEV Toyota pada Januari – November 2023 naik 6 kali lipat dari periode yang sama tahun 2022. Dengan Multi Pathway Strategy, kami akan menghadirkan produk-produk ramah lingkungan yang lebih lengkap dan sesuai kebutuhan masyarakat, serta membangun ekosistem yang mendukung mobilitas xEV Toyota, diperkuat kolaborasi bersama stake holder untuk memberikan peace of mind,” jelas Vice President Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Dengan semangat Let’s Go Beyond, sepanjang tahun 2023 Toyota telah menghadirkan 13 model baru, baik model komersial, GAZOO Racing, dan pilihan kendaraan elektrifikasi yang seluruhnya mendapatkan sambutan hangat dari pelanggan. Khusus xEV, PT TAM secara resmi melakukan world premiere All New Yaris Cross HEV di bulan Mei. Hybrid EV terbaru Toyota ini memperoleh sambutan luar biasa berkat fungsionalitas yang tinggi, low emission, dan harganya semakin terjangkau lantaran diproduksi secara lokal bersama Kijang Innova Zenix HEV. All New RAV4 GR Sport PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) sebagai xEV paling fleksibel hadir di bulan Agustus.

Sampai akhir November lalu, total penjualan kendaraan roda empat di pasar otomotif nasional mencapai 920.518 unit, sedikit lebih rendah dari periode yang sama tahun 2022 yaitu 942.686 unit. Pada periode yang sama tahun 2023, Toyota mencatatkan penjualan lebih dari 304 ribu unit dan market share Toyota naik cukup signifikan dari 31,6% menjadi 33,1%.

Tiga kontributor terbesar penjualan Toyota periode Januari – November 2023 adalah Kijang Innova sebesar 57.618 unit, Avanza 56.432 unit, dan Calya 41.683 unit. Popularitas Kijang Innova Zenix berhasil mendampingi Avanza sebagai sesama local pride sekaligus lokomotif penjualan Toyota tahun ini. Khusus kendaraan elektrifikasi, Kijang Innova Zenix HEV kembali memimpin dengan angka sales 24.250 unit, diikuti Yaris Cross HEV 5.284 unit dan Corolla Cross HEV 1.161 unit.

Total penjualan HEV Toyota tahun 2023 adalah 33.603 unit, sekitar 11% dari total sales Toyota tahun ini. Naik signifikan dari total penjualan medio 2020 – 2022 sebanyak 7.411 unit atau hanya sekitar 1% dari total penjualan Toyota.

“Toyota menjalankan program Toyota Environmental Challenge 2050 dan Net Zero Emission 2060 Pemerintah Indonesia untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dengan menghadirkan berbagai jenis teknologi elektrifikasi. Launching Kijang Innova Zenix HEV di akhir tahun 2022 berhasil meningkatkan penjualan xEV kami, bahkan mendominasi transaksi Kijang Innova Zenix. Dengan semangat Mobility for All, Toyota akan menghadirkan lebih banyak lagi opsi xEV dengan target 30% adalah kendaraan elektrifikasi di tahun 2030,” terang Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Eksistensi brand sporty GAZOO Racing (GR) turut meningkatkan penjualan Toyota di tahun 2023. Bermodalkan DNA motorsport Toyota, sports car GR Supra, GR Yaris, dan GR86, langsung diminati para sports car enthusiast dan memancing animo masyarakat luas untuk memiliki produk GR. Prestasi TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) di berbagai ajang balap nasional dan regional juga ikut memperkuat image sporty Toyota yang membuat pelanggan semakin terpikat. Varian flagship GR Sport di beberapa model hatchback dan SUV Toyota, mampu mencetak market share yang tinggi dengan rata-rata 81,4% pada setiap model.

“PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan kampanye “IT’S TIME FOR EVERYONE” sebagai upaya untuk mengubah mindset masyarakat untuk bisa turut berkontribusi menciptakan lingkungan yang lebih bersih melalui berbagai cara. Sejalan dengan kampanye tersebut, PT TAM berkomitmen melengkapi pilihan kendaraan ramah lingkungan serta elektrifikasi sebagai upaya menjangkau lebih banyak masyarakat berkontribusi mereduksi emisi karbon. Dengan visi Total Mobility Solution, Toyota akan melengkapi Toyota Ecosystem supaya pelanggan dapat mengakses fasilitas dan layanan kendaraan elektrifikasi dengan mudah dan tanpa khawatir. Harapannya, langkah sederhana ini dapat mengajak pelanggan ikut berkontribusi mengurangi emisi lewat penggunaan solusi mobilitas rendah emisi demi tercapainya netralitas karbon,” tutup Anton Jimmi Suwandy.

Pengumuman 9 Besar Pemenang Toyota Rangga Concept Digital Modification Contest (DigiModz)

Di momen End Year Media Gathering 2023, Toyota mengumumkan 9 besar pemenang Toyota Rangga Concept Digital Modification Contest (Digimodz). Tim juri yang berasal dari NMAA National Judge, Jurnalis Otomotif, dan Designer Team Rangga Concept PT TAM, memilih 9 kontestan yang terdiri atas 3 peserta untuk masing-masing tema lomba yakni Business, Public Service, dan Lifestyle.

Seiring berkembangnya industri modifikasi otomotif nasional, Toyota berkolaborasi dengan NMAA (National Modificator and Aftermarket Association) untuk membuka kesempatan bagi para desainer lokal mengelaborasi berbagai ide konversi mobil niaga serbaguna berbasis Rangga Concept yang menghasilkan banyak inspirasi aktivitas usaha. Di tahap awal, lebih dari 200 peserta mendaftarkan dan mengirimkan desain digital dari Toyota Rangga Concept.

Peserta yang terdiri dari masyarakat umum dan representasi body builder mengirimkan desain virtual berdasarkan 3 pilihan tema, yaitu Business untuk menjalankan aktivitas usaha pelanggan, Public Service untuk memberikan layanan kepada masyarakat, dan Lifestyle untuk mendukung gaya hidup pemiliknya. Masing-masing tema mensyaratkan kendaraan komersial yang fungsional dan serbaguna, dengan mobilitas dan daya tahan tinggi, serta tampilan yang yang lebih eye-catching dan atraktif.

Melalui ajang modifikasi kontes ini Toyota menghadirkan Hilux Rangga sebagai kanvas untuk para desainer lokal menciptakan desain-desain yang menginspirasi, dan dapat diwujudkan menjadi sebuah solusi mobilitas yang mampu menunjang beragam usaha atau kebutuhan, serta dapat menjadi penggerak ekonomi bangsa.

Sekarang, proses penjurian Toyota Rangga Concept Digimodz telah memasuki babak 9 besar di mana desain karya finalist telah direalisasikan menjadi mobil die-cast skala 1:18. Peserta terpilih akan melaju ke babak final, dimana 3 pemenang pertama masing-masing tema lomba akan memperebutkan hadiah total Rp 130 Juta dan dibuatkan model skala 1:1. Informasi lebih lengkap mengenai Toyota Rangga Concept Digimodz dapat dipelajari via www.ranggaconceptdigimodz.com.

“PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengucapkan selamat kepada para peserta yang telah lolos ke babak 9 besar Toyota Rangga Concept Digital Modification Contest yang berarti tinggal satu langkah lagi untuk mendapatkan desain terbaik. Dengan semangat continuous improvement, Toyota mengapresiasi semangat dan kerja keras para peserta dalam lomba desain commercial concept car pertama di Indonesia ini. Sejalan visi Mobility for All, kami berharap desain konversi hasil lomba ini dapat dieksekusi menjadi produk nyata yang mendukung dan menumbuhkan kegiatan ekonomi masyarakat,” tutup Anton Jimmi Suwandy.

Tema Business
1. PT. Sentrabumi Palapa Utama – Mobile Stage Display
2. Dhandy Ramadhan – Chicken Transporter
3. Rizal Arofah Dzikri Amruloh – Retro Foodtruck

Tema Public Service
1. Bayu Hari Wibisono – Toilet Difabel
2. Dandung Prasojo – All In One Rescue
3. DSP Styling – Ditpolsatwa Model Body

Tema Lifestyle
1. CV. Delima Mandiri – Motorhome
2. Bernard Harianto – Rally Pick Up
3. Muhammad Rizky Kevindra – Rangga Speed Machine

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Suci/Fikra/Nasya
Media Relation
PT Toyota-Astra Motor
Press Room Website: http://pressroom.toyota.astra.co.id/
Telp: (021) 651-5551 ext. 2266/2274
Fax: (021) 651-5231
suci.rahmadhany@toyota.astra.co.id
fikra.iqbal@toyota.astra.co.id
arianasya.kusumahindria@toyota.astra.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here