Beranda Ragam Tumpukan Sampah di Perairan Kalibaru Cibinong Dibersihkan

Tumpukan Sampah di Perairan Kalibaru Cibinong Dibersihkan

Onlinekoe.com, Bogor — Menumpuknya sampah di sungai Kalibaru, disepanjang jalan raya Cibinong. Akhirnya dibersihkan.

UPT Pengelolaan Sampah 1 Cibinong, terjunkan 100 personil. Untuk bersihkan sampah, meski secara manual, karena keterbatas alat berat.

“Pembersihan sampah secara manual. Diangkut dari bawah dengan karung,” kata Kepala UPT Pengelolaan Sampah 1 Cibinong Usep Supriatna ditemui di kantornya, Jumat (23/8)

Pembersihan itu, dilakukan pagi pagi hingga pukul 10:00 wib, melibatkan 100 orang. Para personil berhenti karena mendekati sholat Jumat.

Pembersihan tumpukan sampah di Kalibaru tepatnya di seberang Hotel Taman Cibinong II itu bisa lebih cepat, bila gunakan alat berat. Hanya saja tutur Usep, keterbatasan alat dan telah mengajukan pinjaman 1 unit ekskavator ke Kecamatan Cibinong.

“Bila ada alat berat, pembersihan  hanya memakan waktu 5-6 jam saja,” tutur Usep.

Dikatakan, lokasinya cukup sulit Sekitar 5 meter turun ke bawah. “Kita dan Dinas Lingkungan Hidup nggak punya alat. Dinas PUPR yang punya,” jelasnys .

Timpukan sampah yang menumpuk  di perairan sungai Kalibaru ditaksir tak kurang dari 150 ton, dengan ketebalan sekitar 30 cm.

“Sisa sampah yang belum terangkut  tutur Usep akan dilanjutkan dibersihkan pada Jumat depan. Namun demikian tetap menunggu koordinasi pihak kelurahan dan kecamatan. Sekarang sedang diajukan, peminjaman alat berat, untuk menjaga lingkungan agar  tetap bersih,” kata Ucup.  ( Den.)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here