UIN RIL Gelar FGD Penyusunan Dokumen Pendukung Borang APT

Bandarlampung – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas mutu dan layanan kelembagaan. Salah satu langkah yang diambil adalah dengan menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka penyusunan dokumen pendukung Borang Akreditasi Perguruan Tinggi (APT). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN RIL selama tiga hari, mulai dari tanggal 4 hingga 7 Januari 2024. FGD dilaksanakan di Ruang Meeting Lt.1 Gedung Academic & Research Center kampus UIN RIL.

Plh Ketua LPM UIN RIL, Bambang Irfani MPd PhD, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kelanjutan dari serangkaian langkah sebelumnya, seperti pengisian borang Indikator Standar Kinerja (ISK), Laporan Kinerja Program Studi (LKPT), dan Lembar Evaluasi Diri (LED). FGD ini merupakan tahap keempat, fokus pada penyusunan dokumen pendukung borang akreditasi. Selama tiga hari ke depan, tim akan bekerja sama untuk memenuhi dokumen pendukung borang, termasuk dari berbagai fakultas dan unit di UIN RIL.

Setelahnya, dokumen tersebut akan direview dan disimulasikan sebelum akhirnya di-submit pada akhir Januari. Baca Juga  UIN RIL Gelar Rapat Tinjauan Manajemen: Upaya Tingkatkan Kualitas Pendidikan Bambang berharap agar dokumen yang disiapkan dapat mendukung klaim-klaim pada borang akreditasi. Hal ini dianggap penting agar pada saat di-review oleh asesor eksternal, UIN RIL dapat meraih hasil akreditasi yang unggul.

Wakil Rektor I UIN RIL, Prof Dr H Alamsyah MAg, membuka kegiatan FGD ini dengan menekankan pentingnya dukungan dan kerjasama dari semua pihak. Ia menyatakan bahwa langkah-langkah yang diambil akan sia-sia tanpa dukungan data dan dokumen yang kuat. “Kita harus menjadi tim yang solid untuk mendukung dan bersama-sama bekerja menyiapkan, menyusun dokumen sebagai bahan pendukung APT unggul,” kata Prof Alamsyah. Peserta FGD terdiri dari berbagai unsur, termasuk Kepala UPT, Kepala Pusat, Fakultas, Pascasarjana, dan unit-unit lainnya di lingkungan UIN RIL. Harapannya, kolaborasi antarunit ini dapat menghasilkan dokumen-dokumen berkualitas untuk mendukung proses akreditasi perguruan tinggi. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here