UIN RIL Selenggarakan PPSL S2/S3 Luar Negeri

Bandar Lampung – Berdasarkan SK Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam Nomor: 6241 Tahun 2023 tentang Penetapan Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) S2/S3 Luar Negeri dan Language Academic and Preparation Program (LAPP) Tahun 2023 tanggal 10 November 2023, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) selenggarakan PPSL negara tujuan berbahasa Inggris.

Penunjukan UIN RIL sebagai PTP pada tahun ini adalah untuk yang ketiga kalinya. Bersama dengan 14 PTKIN lainnya UIN RIL akan menyelenggarakan PPSL selama tiga (3) bulan secara intensif mulai 27 November 2023 s/d 23 Februari 2024.

Sebagai penyelenggara, Pusat Pegembangan Bahasa (Pusba) melalukan persiapan teknis pra pelaksanaan yaitu dengan menghubungi seluruh peserta yang penetapannya berdasarkan surat No B-5430.2/DJ.I/Dt.I.III/HM.01/11/2023 tentang Pengumuman Penetapan Peserta PPSL S2/S3 LN Dan LAPP Tahun 2023 yang ditandatangani oleh Direktur Diktis Kemenag RI.

Sebanyak 13 dosen dari Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) menjadi peserta PPSL di UIN RIL. Peserta itu berasal dari IAI Bunga Bangsa Cirebon, UIN Maulana Malik Ibrahim, IAIN Ponorogo, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, STAIN Madina, Institut Agama Kristen Manado, UIN AR-Raniry Banda Aceh, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, IAIN Kudus, Universitas Abdurrab Riau, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, UIN Raden Fatah Palembang, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Selasa (28/11/2023) bertempat di Ruang Meeting Lt.1 Gedung Academic & Research Center, pembukaan PPSL berlangsung. Dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I Prof Dr H Alamsyah MAg, mewakili Rektor yang sedang berkegiatan di luar kota. Dalam sambutan, Prof Alamsyah menyampaikan pesan kepada seluruh peserta untuk bersemangat.

“Ini merupakan ruang belajar, menambah dan mengasah kemampuan serta kesiapan studi ke Luar Negeri, kepada seluruh peserta jangan sia-siakan kesempatan ini. Dengan keyakinan dan tekad yang kuat, semua harus sukses semua harus memenuhi target yang ditetapkan oleh panitia”, ujarnya.

Harapan juga tak lupa disampaikan oleh Wakil Rektor yang membidangi Akademik dan kelembagaan UIN RIL ini. “Semoga para peserta bisa di terima di Perguruan Tinggi Luar Negeri yang dilamar”, tambahnya.

Sementara Kepala Pusba Bambang Budi Wiranto PhD dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah menitikberatkan pada kemampuan berbahasa asing dan kemampuan menyusun proposal riset. (AH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here