Ukir Sejarah 15 Tahun Berdiri, Mesuji Raih Penghargaan dari KemenPAN-RB

Nusa Dua, Bali – Pemerintah Kabupaten Mesuji raih Predikat B dalam evaluasi nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dalam sebuah acara penghargaan yang diadakan di Nusa Dua, Bali, Rabu (6/12/2023). Setelah 15 tahun berdiri, akhirnya Kabupaten Mesuji meraih prestasi luar biasa dengan menerima Penghargaan atas evaluasi nilai SAKIP tersebut.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara RI Kepada Penjabat Bupati Mesuji Drs.Sulpakar.MM., sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja instansi pemerintah di Kabupaten Mesuji.

Penyerahan penghargaan hasil evaluasi SAKIP, Reformasi Birokrasi, serta Zona Integritas diinisiasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sebagai apresiasi kepada instansi pemerintah yang telah memberikan upaya terbaiknya dalam mengelola birokrasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Evaluasi nilai SAKIP menjadi indikator utama dalam mengukur transparansi, akuntabilitas, dan kinerja instansi pemerintah. Predikat B yang diraih oleh Bupati Mesuji menunjukkan komitmen dan dedikasi yang tinggi dalam meningkatkan pelayanan publik serta efisiensi penggunaan anggaran.

Atas penghargaan tersebut, Sulpakar menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas penghargaan ini, serta berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. “Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dalam mencapai peningkatan kinerja yang lebih baik lagi,”ucapnya.

Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara mengapresiasi pencapaian yang telah diraih oleh Kabupaten Mesuji. “Penghargaan ini bukan hanya sebagai apresiasi, tetapi juga sebagai dorongan agar setiap daerah dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan publiknya. Kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah sangat penting untuk mencapai tujuan pembangunan.

Terakhir Sulpakar berpesan, semoga Keberhasilan meraih Predikat ini tidak menjadikan Mesuji berpuas diri, akan tetapi dapat dijadikan acuan untuk meraih hasil yang lebih baik lagi.

“Sekali lagi saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Mesuji atas semangat dan kerja kerasnya membangun Mesuji. Juga seluruh unsur Forkopimda dan masyarakat Mesuji, dengan semangat ‘Bergerak Bersama, Maju Semua’ Kabupaten Mesuji mulai tampil dan berprestasi baik di tingkat provinsi dan Nasional,”tutup Sulpakar.

Untuk di ketahui setiap tahunnya Kementerian PANRB melaksanakan Evaluasi atas Implementasi SAKIP pada seluruh Kementerian, Lembaga, dan Pemerintahan Daerah untuk mengukur perkembangan implementasi SAKIP serta melakukan pembinaan yang berkesinambungan di seluruh instansi Pemerintah, evaluasi tersebut di lakukan guna memetakan Instansi Pemerintah pada beberapa kategori, dan selama kurun waktu lima belas tahun berdiri, Kabupaten Mesuji baru pada tahun ini mengalami peningkatan dengan Nilai B.

Acara penghargaan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat pemerintah baik dari pusat, provinsi, serta kabupaten/kota di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sementara itu, Penjabat Bupati Mesuji didampingi Kepala BPKAD Olpin Putra, Kepala Bapelitbangda Abu Rosid, Plt Kabag Organisasi, Kabag Prokompim Angga , Kabag Hukum, Muzairi, dan Kepala Bidang Litbang, Untung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here