Beranda Ragam Wabup Hasnurin Hadiri FGd Kerajaan Sekala Bekhak

Wabup Hasnurin Hadiri FGd Kerajaan Sekala Bekhak

Onlinekoe.com, Bandar Lampung – Wakil Bupati Lampung Barat Drs.H. Mad Hasnurin menghadiri acara Forum Group Discussion (FGD) Kerajaan Sekala Bekhak yang bertema “Sekala Bekhak Menjawab Sejarah”,  dengan Kerajaan Sekala bekhak diharapkan adanya sinergi dengan budaya lain dan erat hubungannya dengan masyarakat pepadun dalam satu kesatuan Sai Bumi Khua Jurai, FGD ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Drs.Sulpakar, MM bertempat di Meeting Room Hotel Emersia Bandar Lampung Hari Selasa (18/12).
Dihadiri Pimpinan redaksi harian umum Lapung Post Dr. H. Iskandar Zulkarnain,MH, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Lambar Indra Kesuma,S.Sos, Raja Jukuan Paksi Pak Sekala Bekhak,  PSMTI,  Tokoh adat Bali,  Sai Batin Kepaksian Paksi Pak Sekala Bekhak,  Sai Batin Way Handak Kalianda,  Pelaku Budaya,  Pelestari tradisi dan sejarah.
“Berbicara tentang sejarah, keberadaan kerajaan Sekala Bekhak yang perlu menjadi perhatian adalah adanya catatan silsilah dari tokoh adat dari keempat kebudayaan atau kepaksian tentang asal usul kepaksian,  adanya peninggalan kepurbakalaan yang tersebar di Kabupaten Lampung Barat, seni pertunjukan sekura yang juga mampu memberikan keterangan atau jawaban tentang keberadaan Kerajaan Sekala Bekhak”, ujar Mad Hasnurin
Selanjutnya,  sesuai dengan tujuan dari pelaksanaan kegiatan FGD ini sebagai langkah awal, untuk mengkaji Budaya Lampung agar memiliki identitas dan mempertegas sejarah Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Bekhak Kepaksian Pernong Lampung, tentunya sangat diharapkan partisipasi aktif dari seluruh peserta diskusi ini,  dengan mengedepankan kesetaraan dalam berpendapat, keseriusan berdiskusi dan menguasai tema bahasan agar mengjasilkan sinergisme,  informasi juga ide baru sehingha dapat digali lebih mendalam tema kegiatan ini.
Dalam kesempatan ini sekaligus membuka FGD Sulpakar berharap agar “masyarakat,  pemerintah dan tokoh adat dapat tetap berpartisipasi dalam hal pembangunan,  pengayaan dan wawasan ilmu pengetahuan dalam mewujudkan Lampung yang lebih maju dalam persaingan global dimasa yang akan datang,  karena budaya merupakan tanda peradaban suatu bangsa oleh sebab itu,  perlu kita ketahui lebih jauh tentang Kerjaan Paksi Pak Sekala Bekhak yang merupakan asal muasal masyarakat Lampung” ujarnya.
Terakhir,  Paksi Pak Sekala Bekhak ini akan dibukukan agar sejarah Lampung dapat diketahui secara turun temurun sehingga generasi yang akan datang dapat mengenal sejarah dan menambah kekayaan pengetahuan serta dapat menambah potensi adat budaya masyarakat Lampung, tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here