Wabup Pasaman Buka Lomba Lintas Alam Tingkat Sumatera

0
95

Onlinekoe.com | Pasaman – Kampung Sungai landai jorong II Sungai Pandahan nagari Sundata Kecamatan Lubuksikaping mulai berbenah mempromosikan kawasan wisata yang ada di daerahnya, hal tersebut terlihat dengan di adakannya Lomba lintas Alam akan berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 20 sampai 21 Nopember 2021, yang di prakarsai oleh pemuda setempat dan di dukung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman melalui Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata, di bantu beberapa instansi terkait lainya.

Kegiatan Akbar lomba lintas Alam tersebut di buka langsung oleh Wakil Bupati Pasaman Sabar .AS, pada hari Sabtu tanggal 20/11 di Sungai Landai.

Turut hadir pada kesempatan tersebut  Waka Polres Pasaman, Danramil Lubuksikaping, Kepala OPD, Camat, Wali Nagari Sundata dan Niniak Mamak serta Tokoh Masyarakat setempat.

Ketua Pelaksana kegiatan ajang lintas Alam tersebut Deprianus menyebutkan, Kegiatan Lomba tersebut di ikuti oleh Propinsi Sumatera Barat dan Riau, sebelumnya sudah banyak yang mendaftar dari propinsi lain, namun karena ada penyekatan di Perbatasan terkait Protokol Kesehatan maka beberapa tim tersebut tidak dapat hadir dalam ajang ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa kegiatan ini di ikuti oleh 17 tim yang terdiri dari masing masing tim 4 orang di tambah 2 orang official, dengan jarak tempuh lintas sepanjang 25 KM Kilo meter, dengan rute melewati batang Panikin, banio randah, bendungan Padang Laweh, air terjun mudiak aia, puncak air terjun,  pendakian menjelang makan Puti sangka bulan, makam Puti sangka bulan, finis pertama di banio tinggi dan bermalam.

Paginya dilanjutkan ke puncak Tonang dan di Finish kembali ke Sungai landai, dalam kegiatan ini juga di bantu oleh tim rescue di bagi delapan tim dan bergabung dgn tim medis, Satpol PP dan panitia lokal, masinng-masibg tim stanbay pada posko yang telah ditentukan.

Wakil Bupati Pasaman Sabar AS dalam sambutanya pada kesempatan tersebut menyebutkan, Pemerintah Daerah sangat mendukung sepenuhnya kegiatan Lomba lintas Alam tersebut, hal itu terlihat dengan telah dilibatkannya beberpa OPD untuk membantu kegiatan tersebut.

Pemerintah daerah sangat bangga dengan apa yang telah di buat oleh pemuda setempat, dengan Lomba Lintas Alam ini tentunya akan dapat memperkenalkan Wisata dan keindahan alam Pasaman ke daerah luar, Momentum dengan terlaksananya kegiatan tersebut akan menjadi agenda kegiatan tahunan Pemerintah Daerah untuk mendukung program visi dan misi pemerintah daerah dalam peningkatan sektor Pariwisata guna mendukung ekonomi masyarakat.

“untuk peserta tidak hanya dari Sumatera kalau memungkinkan kita upayakan untuk memperlebar ke tingkat nasional,” harap Wabup.

“Selain itu, sektor Pariwisata di daerah ini akan terus di kembangkan dan yang menjadi sentra wisata di Kabupaten Pasaman adalah Adalah Kecamatan Bonjol, hal ini dengan adanya banyak destinasi wisata seperti Tugu Khatulistiwa, Museum Imam Bonjol, Benteng Imam Bonjol, Wisata Arung Jeram, dan Pusat Pembudi dayaan bunga Kaktus dan banyak lainya,” tambah Sabar.

Dalam kesempatan yang sama, salah seorang peserta Lintas Alam ini dari Klub Mapala Semut Liar Pasaman Barat Kinali Irzan megatakan.

“Kami dari seluruh tim sangat bersemangat untuk mengikuti iven lintas alam ini, dan ia berharap kegiatan yang sama akan terus di laksanakan dan terus di tingkatkan,” tutupnya.

(UL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here