Wayang Sekelik dan Film Daerah, Diminati Pengunjung Expo Perpustakaan Unila 2022

Ki Dalang Supriyanto saat menaja Sayang Sekelik "Legenda Gunung Sugih" di Expo Perpustakaan Unila 2022, Bandar Lampung, Senin (17/10/2022). (Dok.ist)

Bandar Lampung – Pagelaran Wayang Sekelik yang ditaja dalam Hhlat Expo Perpustakaan Unila 2022 di di Gedung perpustakaan Universitas Lampung, Bandar Lampung, Senin (17/10/2022). menuai sukses.

Pergelaran Wayang Sekelik ini diinisiasi dan difasilitasi Dewan Kesenian Lampung yang sebelumnya juga mempersembahkan Pemutaran Film Daerah Kamis (13/10/2022) dan Jumat (14/10/2022).

Dalam pergelaran ini dalang Ki Supriyanto S.Sn MM alias Maspri yang mementaskan Gragrak Wayang Sekelik ciptaanya mengusung lakon : “Legenda Gunung Sugih”.

Menurut Dalang sekaligus pencipta Wayang Sekelik ini mengatakan, gagrak Wayang Sekelik cipataannya ini tidak semata menyajikan hiburan semata tetapi juga ada muatan edukasinya. Jadi wayang ciptaannya ini diharapakan bisa menjadi tontonan sekaligus tuntunan bagi masyarakat.

“Wayang Sekelik tak hanya sekadar tontonan tetapi juga tuntunan. Wayang Sekelik unya muatan visi dan misi untuk mengedukasi literasi budaya dan kearifan local Lampung. Maka dalam pegelarannya muatan lakonnya ada unsur cerita, lagu Lampung dan sastra Lampung seperti; bubandung, hahiwang yang dikemas ke dalam sebuah pagelaran yang estetis,” terang lulusan Sarjana Seni ISI Jogjakarta ini.

Lebih lanjut, MasPri panggilan karib dalang Supriyanto ini, mengatakan, untuk kisah atau lakonnya Wayang Sekelik besutannya tak terpaku dengan cerita wayang yang sudah ada dengan merujuk cerita babad Ramayana atau Maha Barata, tetapi bisa kisah sehari-hari, mitos dan sejarah lokal.Sedangkan untuk pengiringnya MasPri juga menciptakan se[erangkat gamelan khusus yang dinamai “Kikluk Kibau” yang merujuk pada”klenengan” kerbau.

Diharapkan pagelaran wayang yang kental dengan muatan lokal ini bisa menjadi literasi dan edukasi bagi generasi muda Lampung untuk mengenali mencintai kemudian menumbuhkembangkannya agar tetap lestari.

“Saya juga mengaprseasi panitia dan Dewan Kesenian Lampung yang telah memfasilitasi sehingga pagelarn ini dapat berlangsung. Setidaknya Wayang Sekilik ini lebih banyak dikenal oleh para generasi muda sehingga ke depan bisa semakin bertumbuhkembang,” pungkas MasPri.

Sementara itu, Wakil Ketua Expo Perpustakaan Unila 2022, Ir. Martinus mengatakan, pagelaran Wayang Sekelik ini salah satu acara yang menarik minat engunjung. Gedung Theater Perpustakaan Universitas Lampung yang berkapasitas 80 orang dipadati penonton sekira 150 orang.

“Antusias penonton membuktikan kalau pagelaran Wayang Sekelik ini menarik. Kmai sangat mengapresiasi Ki Dlang MasPri dengan Wayang Sekelik-nya yang unik dan menarik,” ujar Martinus.

Martinus menambahkan yang tak kalah menyita perhatian pengunjung Expo Perpustakaan Unila 2022 adalah Pemautaran Film Daerah yang dipersembahkan Komite Film dewan Kesenian Lampunh.

“Acara ini tak kalah menarik pengunjung hingga penontonnya banyak yang tak tertampung,” pungkas Martinus.

Secara terpisah, Sekretaris Umum Dewan Kesenian Lampung, Bagus S Pribadi mengatakan, kegiatan kerjasama dengan Panitia Expo Perpustakaan Unila 2022 ini sesuai dengan fungsi DKL sebagai katalisator dan fasilitator kesenian di daerah.

“Kami mendukung helat yang digelar Universitas Lampung ini antara lain dengan memfasilitasi seniman (kreator) berupa pagelaran Wayang Sekelik oleh Ki Dalang MasPri dan Pemuataran Film Daerah karya sineas Lampung yang dikoordinatori Komite Film DKL,” ujar Aviep panggilan karib Sekum DKL ini di Bandarlampung, Selasa (18/10/2022). (Christian Saputro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here