Ziarah & Bershalawat Ke Kampung Halaman Pagardewa, Azwar Yacub Pimpin Rombongan

0
137

Onlinekoe.com | Ketua Umun Ikam Pagardewa (Ikatan Keluarga Masyarakat) Pagardewa Provinsi Lampung Drs.H. Azwar Yacub didampingi oleh Sekretaris Umum Drs. Mawardi Shobier, mengunjungi sanak family yang ada di kampung halaman Pagardewa, Tulang Bawang Barat pada hari Sabtu (26/3/2022) sekaligus berziarah ke makam kakek, nenek, leluhur serta keluarga besar yang telah wafat di makamkan di tanah kelahiran Pagardewa.

Hadir pula Tokoh dan sesepuh suku Lampung Pagardewa antara lain keluarga alm Umar Murad, keluarga alm Mursalin Murad serta rombongan keluarga IKAM Pagardewa, baik dari Bandar Lampung dan yang sengaja datang dari Jakarta dan Pulau Jawa.

Mereka berjumlah kurang lebih 500 orang.
Selain berziarah ke makam appew tuyut ( kakek Buyut -red) sai dimakamkan di Pagardewa, rombongan organisasi kesukuan Lampung Pagardewa juga mengadakan Syalawat dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H yang sebentar lagi akan kita laksanakan dengan suka cita.

Dalam sambutannya di tengah-tengah Rombongan yang hadir, Azwar Yacub mengatakan sebagai bentuk kepedulian dan kecintaan terhadap kampung nenek moyangnya itu, dengan mengimplemtasikan mengenang arwah leluhur Pagardewa dia menginisiasikan dan mengadakan ziarah serta bersyalawat di tanah leluhur suku Pagardewa.

“Sudah menjadi permintaan dan wasiat orang tua, kakek, nenek serta keturunan kita kelak kalau mereka meninggal dunia menitip pesan kepada kita (anak atau cucu) agar mereka dimakamkan di kampung halaman nya yakni di Pagardewa. Itu dimaksudkan agar anak cucu serta keturunan nya tidak lupa dan selalu mencintai asal muasal mereka dilahirkan. Dengan begitu kita yang hidup ini tidak boleh membesarkan bahu kita, karena kita berasal dari tanah Pagardewa. Jadi anak cucu kita tidak boleh melupakan cikal bakal keturunan nya,” ujar Azwar Yacub.

Saat mengunjungi makam orang tuanya yakni alm H.Ayub Yacub, Azwar Yacub tidak lupa juga berziarah kemakam keluarganya yakni beberapa tokoh Lampung Pagardewa dengan menabur bunga dan mengirim doa secara khusuk.

Rombongan lainnya juga nampak membersihkan makam para tokoh yang dimakamkan disana seperti; AlmH.Ismail Malim, alm H. Sobier dan para tokoh lainnya.

Selesai melakukan nyekar dimakam tersebut, rombongan istirahat sambil menikmati mengan bareng (makan bersma-red) yang telah dipersiapkan oleh panitia.

Adapun tempat makan dan ramah tamah tersebut berlangsung di Nuwou Balak – (rumah besar atau agung) milik tokoh masyarakat Pagardewa yakni Umar Murad, yang memang sudah menjadi tradisi setiap tahun nya tempat berkumpul keluarga IKAM Pagardewa bila sedang Mulang Tiyuh (pulang kampung).

Sedangkan dalam acara bersyalawat yang diadakan di Masjid Kampung Pagardewa, rombongan anak miyanak (anak beranak) IKAM Pagardewa memohon doa kepada Allah Swt serta meminta Rahmat kesempurnaan yang ditujukan ke Nabi Muhammad SAW agar dalam kehidupan sehari-hari IKAM Pagardewa selalu mendapat keberkahan, kemuliaan, keselamatan serta diberi kesehatan dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan 1443 H.

“Kita bersyalawat dengan meminta keberkahan dari Allah Swt. Tidak lupa juga kami mengirim doa syalawat dan salam kepada junjungan kita Rasulullah Muhammad SAW, agar kiranya seluruh Keluarga Besar IKAM Pagardewa dapat terus rukun dan sukses dalam memelhara silaturrahmi dan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari,” tutur Azwar Yacub yang telah Tiga Puluh Tahun ini mengabdi sebagai Anggota DPRD baik Kota (dahulu) maupun Provinsi sekarang.

Setelah melakukan syalawat bersama rombongan melakukan shalat Ashar dan bersiap-siap kembali ke Bandar Lampung.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Umum IKAM Pagardewa, Mawardi Shobier menuturkan bahwa agenda rutin yang dilakukan oleh Organisasi perkumpulan suku atau orang-orang yang berasal dari tanah Lampung Pagardewa Tulangbawang ini salah satunya adalah berziarah ke makam leluhur nenek moyang yang meninggal dunia dan dimakamkan dikampung halaman tempat mereka dilahirkan.

“Ulun Tohow (orang tua) dan Atuk Nyaik selalu kilui lamen menghadap Allah Swt agow dikubur di Tanoh Pagardewou, (kakek nenek selalu menitip pesan jika meninggal dunia hendaknya dimakamkan di kampung Pagardewa yang tercinta -red). Itu permintaan suci mereka. Jadi kami yang ditinggalkan dengan taat mengikuti dan mengabulkan permintaan,” kata Mawardi Shobier.

Dirinya juga bersama Ketua Umum dan Pengurus lainnya telah mengagendakan sehabis Lebaran nanti akan melakukan Pelantikan sekaligus Halal Bi Halal secara serentak kepengurusan IKAM Pagardewa masa bhakti 2022 – 2025.

“Insya Allah Pelantikan Ketua Umum dan Pengurus IKAM Pagardewa akan kami deklarasikan,” pungkasnya. (ONE’)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here