Beranda Ragam Akibat Bangunan JIB Tidak Berkualitas Hancurkan Sawah Warga

Akibat Bangunan JIB Tidak Berkualitas Hancurkan Sawah Warga

Onlinekoe.com, PANARAGAN – Pembangunan Jaringan Irigasi Baru (JIB) di Tiyuh (Desa) Panaragan Suku Sukamulya 7 (Brebes) Way Tulung Gresik 1.Kecamatan Tulangbawang Tengah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, hancur di terjang air karena bangunan JIB tersebut diduga tidak berkualitas.

Bangunan itu menghabiskan ratusan juta Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2018. Usai Provosional Hand Over (PHO) telah ambrol di terjang Air.

Hal tersebut, selain lemahnya pengawasan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tubaba, pekerjaan itu tidak memasang papan informasi atau plang proyek tersebut diduga tidak ada pondasi.

Menurut Ketua Komisi C DPRD Tubaba Paisol, dalam percakapan pesan singkatnya menanggapi pembangunan tersebut pada (22/12/2018) pukul 20:35 WIB mengatakan. Ambrolnya pembangunan itu, selain pengerjaan saluran irigasi diatas permukaan tanah juga pondasinya tidak digali. Hal itu tentunya mengkibatkan kerugian Negara hingga masyarakat terdampak.

“Hancur tanaman padi masyarakat, gila bner Pekerjaan ini. Rabu nanti (26/12) kita akan turun cek kelokasi,” Kata Paisol, melalui pesan whatsapp nya.

Menurut Mahrudin (65) warga Kelurahan Panaragan Jaya, pemilik satudiantara area persawahan yang terdampak akibat jebolnya saluran JIB setempat menjelaskan. Saat itu waktu pengerjaan bangunan tersebut, pihak pekerja telah ditegur oleh warga, agar bangunan disudut tingkungan aliran Air dapat diperkuat. Sebab, saat hujan turun aliran Air akan meluap.

“Bibit sudah tertanam kini tertimbun lumpur dan pasir. Sementara saat ini kami bingung, mau menanam kembali tapi irigasinya jebol dan hancur, Kami minta kepada bapak Bupati Umar Ahmad, dapat menindak tegas oknum Dinas dan Rekanan yang membangun asal-asalan. Pastinya, siapa yang mau bertanggung jawab atas kerugian kami puluhan juta,” kata Mahrudin.

Menanggapi itu, Sadarsyah, selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pekerjaan tersebut menuturkan. Pembangunan JIB itu masih dalam masa perawatan pemeliharaan oleh pihak Rekanan.

“Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Romzi, dan Pengawasnya Suhartadi. Segera mungkin akan kita minta perbaiki kepada Rekanan,” Imbuhnya.

Bedasar pantauan dilokasi, pembangunan JIB tersebut sejak awal pengerjaannya tidak ditemukan papan Plang nama Proyek dilokasi pembangunan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here