Beranda Ragam Bunga Bangkai, Dapat Hidup Hingga 50 Tahun

Bunga Bangkai, Dapat Hidup Hingga 50 Tahun

Onlinekoe.com, Bogor – Bunga bangkai, Amorphophallus gigas Teijsm. & Binn mekar di Kebun Raya Bogor. Sebelumnya bunga Rafflesia Patma, dua pekan lalu pernah mekar juga di Kebun Raya yang terletak di jantung Kota Bogor. Bunga tersebut dapat hidup hingga 50 tahun

“Mekarnya bunga Rafflesia, ada satu koleksi tanaman langka lainnya yang akan mekar juga yaitu Amorphophallus gigas Teijsm. & Binn,” seperti dicuitkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Yuzammi Jumat (4/10/2019).

LIPI mencatat saat ini Indonesia hanya memiliki 27 jenis tanaman bunga bangkai, eksistensi bunga bangkai kian menyusut. Selain Amorphophallus gigas, adapula jenis Amorphophallus titanum. Keduanya merupakan tanaman endemik Pulau Sumatera.

“Penduduk setempat memanfaatkan hutan untuk membuat lahan perkebunan terbuka, mereka menebangi, bahkan membuang Amorphophallus gigas tanpa mereka tahu bahwa tanaman ini langka,” tuturnya.

Mekarnya bunga Rafflesia, ada satu koleksi tanaman langka. Koleksi ini berasal dari Padang Sidempuan, Sumatera Utara dan pertama kali ditanam di Kebun Raya Bogor pada 4 Januari 2007

Spesies Amorphophallus ini berasal dari keluarga talas-talasan. Dia memiliki tonggol (spadix) atau bagian menjulang tinggi ke atas. Bagian pelindungnya yang mekar disebut braktea.

Yuzammi menuturkan tinggi gigas bisa mencapai 4 meter, terbantu oleh batang tinggi yang menopang bunga ini. Gigas biasanya tumbuh satu sampai tiga tahun tergantung besarnya umbi dan mekar saat malam hari. Bunga bangkai Amorphophallus gigas dapat tumbuh sekitar 40 hingga 50 tahun.(Den)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here