Beranda Ragam Uji Coba Kanlisasi Jalur Puncak, Dimulai 27 Oktober

Uji Coba Kanlisasi Jalur Puncak, Dimulai 27 Oktober

Onlinekoe.com, Bogor – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), akan uji coba rekayasa lalu lintas, dengan sistim kanalisasi di jalur Puncak Bogor. BPTJ akan lakukan uji coba dua tahap. Pertama 27 Oktober dan kedua uji coba 3 November 2019 mendatang.

“Uji coba pertama akan diterapkan dari Simpang Gadog hingga Simpang Taman Safari Indonesia (TSI) sejauh 11 kilometer dan kedua pada 3 November 2019,” kata Bambang Prihartono di Kantor Bappedalitbang, Bogor, Jumat 4 Oktober 2019.

Menurut Bambang, setelah itu dilakukan evaluasi. Nanti kita hitung waktu tempuh sebelum dan setelah diterapkan kanalisasi ini. Aksesibilitas masyarakat akan dievaluasi juga.

Kanalisasi ini sebagai pengganti sistem buka tutup jalur (one way), yang sudah diterapkan sejak sekitar 30 tahun silam. Rekayasa ini merupakan solusi alternatif jangka pendek untuk mengurai kemacetan di jalur Puncak.

Metode digunakan dengan memasang traffic cone maupun kerucut atau berrier berjajar, kemudian disambung tali tambang di tengah jalan. Sistem kanalisasi sepanjang jalur Puncak meliputi dua lajur kendaraan bergerak naik, satu lajur kendaraan bergerak turun atau sebaliknya.

Dikatakan, pemasangan traffic cone sepanjang 11 km dibutuhkan kurang lebih 1.000 buah kerucut. Setiap kerucut, lanjut Bambang, berjarak sekitar 25 meter mulai dari Gadog hingga Simpang Taman Safari Indonesia.

“Untuk pengadaan traffic cone butuh waktu karena cukup banyak dan panjang,” katanya.

Untuk menghindari adanya penyerobotan jalur oleh kendaraan roda dua maupun empat, BPTJ bekerja sama dengan Sat Lantas Polres Bogor menyiapkan petugas agar kerucut tetap berdiri membatasi sepanjang jalan tersebut.

“Uji coba ini, nanti dipasang baliho besar di Exit Tol Cibubur sebagai bentuk sosialisasi kepada pengendara. Sistem ini berjalan lancar dan sukses, membutuhkan dukungan dari banyak pihak, seperti masyarakat, Pemda dan Kepolisian,” tuturnya.(Den).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here