Bupati Pasaman Turut Prihatin Atas Bencana yang Menimpa Daerah Agam dan Sekitarnya

Onlinekoe.com – Banjir bandang yang melanda tiga daerah di Sumatera Barat Sabtu malam 11 mai 2024 mengakibatkan tiga daerah mengalami kerusakan sangat parah diantaranya Kabupaten Agam, Tanah Datar dan Kota Padang Panjang.

Dalam keteranganya Juru Bicara BPBD Sumbar, Ilham, di Padang, Minggu menyebutkan data sementara warga yang meninggal ada 14 orang masing-masing delapan orang di Kabupaten Agam, satu orang di Tanah Datar dan lima orang di Padang Panjang.

“Data pasti belum bisa kita rinci karena masih dalam pendataan petugas di daerah,” katanya.

Ia menyebut selain korban meninggal dunia, sejumlah korban dilaporkan masih hilang dan dalam proses pencarian oleh tim gabungan pada tiga daerah terdampak.

Ilham merinci, daerah yang terdampak banjir masing-masing Sungai Pua, Bukik Batabuah, Kubang Putiah, Maninjau, Koto Tuo, Koto Gadang dan Lasi di Kabupaten Agam.

Kemudian Batipuah, Batipuah Selatan, Singgalang X Koto, Limo Kaum, Koto Laweh, Ai Angek X Koto dan Pandai Sikek di Kabupaten Tanah Datar.

Lalu Silaiang Bawah dan Kelurahan Pasar Usang, dan Batas Kota di Kota Padang Panjang.
Selain mengakibatkan korban jiwa, banjir yang terjadi juga mengakibatkan jalan negara putus total di Silaiang, beberapa jembatan putus dan rumah warga terendam.

Dikesempatan berbeda , Bupati Pasaman merespon musibah yang melanda daerah tetangga tersebut dalam hal ini ia menyampaikan Turut berduka atas musibah bencana banjir bandang Agam dan Tanahdatar. Diharapkan segera teratasi dan lekas pulih.

Diperlukan kedepan mitigasi bencana secara holistik, selain penanganan darurat bencana dan pasca bencana untuk perbaikan infrastruktur yang rusak akibat bencana alam tersebut, (Ul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here