Beranda Pendidikan Desa Durian Bersinergi Dengan LP2M IIB Darmajaya Tingkatkan Perekonomian Warga

Desa Durian Bersinergi Dengan LP2M IIB Darmajaya Tingkatkan Perekonomian Warga

SumateraPost, PESAWARAN – Provinsi Lampung memiliki banyak potensi desa yang dapat dikembangkan. Salah satunya Desa Durian, Padang Cermin, Pesawaran.
Hal ini juga menjadi fokus Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya untuk melakukan pemberdayaan di desa tersebut. Setelah melakukan kunjungan beberapa waktu lalu, Ketua LP2M IIB Darmajaya Dr. Sri Lestari, M.Cs., Sekretaris LP2M Dr. M. Said Hasibuan, M.Kom., Kepala Pusat Pengabdian dan Inovasi Hendra Kurniawan, M.T.I., dan Peneliti Madya Yulmaini, M.Cs.

Sri Lestari mengatakan LP2M melakukan kunjungan ke Desa Durian untuk melihat potensi yang dapat dikembangkan. “Kunjungan ini juga dalam rangka memberdayakan masyarakat desa dalam mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan teknologi,” ungkapnya.
Dimana masyarakat desa, lanjut dia, mampu melakukan optimalisasi potensi yang ada. “Masyarakat juga dapat mendayagunakan seluruh sumber dayanya sehingga dapat meningkatkan perekonomian desa,” tuturnya.

M. Said Hasibuan menambahkan dalam mendukung pengembangan potensi Desa Durian juga dapat dibangun infrastruktur IT. “Hal ini juga dalam mewujudkan keunggulan program pengabdian kepada masyarakat khususnya IIB Darmajaya,” ucapnya.
Menurutnya, aparatur desa juga dapat diberikan pelatihan dalam menjalankan Sistem Informasi Desa. “Kita akan gali lagi untuk peningkatan UMKM dan BUMDes agar optimal sebagai sumber pemasukan desa,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Desa Durian, Fauzi sangat menyambut baik sinergi untuk meningkatkan dan menggali potensi desa. “Dengan adanya masukan dari insan akademis, potensi menjadi dapat tergali secara maksimal dan terukur,” ucapnya.
Ia berharap dapat segera mendapat bimbingan dari IIB Darmajaya dalam menggarap potensi desa. “Masyarakat juga akan mendapatkan wawasan dalam melihat potensi desanya sebagai peningkatan perekonomian warga,” tutupnya. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here