Dibuka Gubernur, Pemkab Agam Gelar MTQ Nasional ke XLI, Ini Jumlah Peserta!

Onlinekoe.com | Agam – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam pada hari ini, menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an ke-XLI, bertempat di Jorong Koto Laweh, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Selasa (2/7/2024) siang.

Ketua LPTQ Kabupaten Agam, Drs.H.Edi Busti, M.Si menyampaikan, pihaknya ucapan terimakasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan MTQ ini.

“Ucapan terimakasih terutama kami tujukan kepada pemerintah kecamatan dan masyarakat Tilatang Kamang pada umumnya yang telah mempersiapkan dan menyambut pelaksanaan MTQ ke XLI tingkat Kabupaten Agam ini dengan penuh antusias,” ujar Edi Busti di awal sambutannya.

Ia menjelaskan kegiatan MTQ ini telah membudaya dan mampu memberi angin segar bagi umat islam untuk lebih giat mempelajari, memahami dan mencintai Al Qur’an.

Seterusnya, kata Edi Busti, mampu menjadi petunjuk hidup yang mengeluarkan umat manusia dari kegelapan dan kemusyrikan kepada cahaya tauhid dan peradaban yang mulia.

“MTQ Nasional ke XLI tingkat Kabupaten Agam ini diikuti oleh 16 khafilah dengan jumlah total 810 orang yang terdiri dari khafilah putra 429 orang dan khafilah putri 381 orang,” jelasnya.

“Tahun 2024, MTQ ke XLI ini, peserta terbanyak dari Kecamatan Matur,” tukuknya.

Edi Busti menuturkan, MTQ Nasional ke XLI tingkat Kabupaten Agam ini dalam rangka menyeleksi bibit-bibit unggul dari seluruh kecamatan yang akan diutus mewakili Kabupaten Agam pada tingkat Nasional, tingkat Provinsi Sumatra Barat yang akan diadakan di Kota Bukittinggi 2026 nanti.

“Kita berharap MTQ Nasional ke XLI ini mampu melahirkan qori dan qoriah, hafidz dan hafidzah, mufasil dan mufasilah yang terbaik.”

“Kita berharap MTQ Nasional ke XLI tingkat Kabupaten Agam berlangsung lancar, baik, sukses dan aman,” harapnya.

Dalam kesempatan ini, Kakanwil Kemenag Sumbar, Dr.H.Mahyudin, MA menjelaskan penyelenggaraan MTQ adalah event tahunan yang dilaksanakan secara berjenjang dan merupakan program yang diutamakan oleh LPTQ, di samping mensyiarkan ayat-ayat Al Qur’an di tengah-tengah masyarakat.

Pelaksana MTQ, kata Mahyudin, juga sebagai upaya mengukur kompetensi seorang qori, hafidz, mufasil-mufasirah maupun yang lainnya terhadap penguasa cabang dan golongan musabaqah yang diikutinya.

“Ini juga sebagai ajang mengukir prestasi di berbagai tingkat musabaqah,” tuturnya.

Pihaknya berpesan kepada para khafilah untuk bisa mengikuti dengan sportivitas yang tinggi. “Kami juga berpesan kepada dewan hakim melaksanakan penilaian sejujur- jujurnya, se adil-adilnya, sehingga kita bisa mendapatkan peserta terbaik pada MTQ yang diselenggarakan hari ini,” pesannya.

Sementara itu, Bupati Agam Dr.H.Andri Warman, MM menyampaikan rasa bangganya pada Kecamatan Tilatang Kamang yang menjadi tuan rumah dalam menyelenggarakan MTQ Nasional tingkat Kabupaten Agam yang dihadiri 810 Khafilah yang digelar dari tanggal 1 hingga 6 Juli 2024 nanti.

Pihaknya berharap dengan MTQ Nasional ke XLI ini, masyarakat Kabupaten Agam lebih mencintai membaca Al Qur’an.

“Juga sesuai dengan motto kita di Minangkabau ‘Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK),” imbuhnya.

Selanjutnya, dengan membacakan Bismillahirrahmanirrahim, MTQ Nasional ke XLI tingkat Kabupaten Agam secara resmi dinyatakan dibuka oleh Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah.

Dari pantauan Onlinekoe.com tampak hadir Gubernur Sumbar, Biro Adpim Setdaprov, Kakanwil Kemenag Sumbar, DWP Sumbar, Sekda Bukittinggi, Bupati Agam, Ketua TP.PKK Agam, Forkopimda Agam, Staf Ahli, Asisten, Kaban, Kadis, Kabag dan Camat se-Agam, Kakan Kemenag Agam, Ketua MUI Agam, Ketua LPTQ Agam, Wakil Ketua DPRD Agam.

Kemudian diikuti kepala OPD provinsi dan kabupaten, Direktur RSAM Bukittinggi, KUA se-Kabupaten Agam, camat, Forkopimca Tilatang Kamang, Wali Nagari se-Kabupaten Agam, Niniak Mamak, Alim Ulama, Bundo Kanduang, Ketua LKAM Agam, Qori-Qoriah, Pelatih, Pendamping, rekan media, para tamu undangan dan stakeholder terkait lainnya. (Warman/Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here