DPMN Agam Bersama Bank Nagari Lubuk Basung Gelar Sosialisasikan Siskeudes

Onlinekoe.com | Agam – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) Kabupaten Agam bersama Bank Nagari Cabang Lubuk Basung menggelar Sosialisasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), Senin (5/2/2024).

Kepala DPMN Agam melalui Kabid Perencanaan, Eko Purwanto mengatakan Siskeudes merupakan aplikasi yang dikembangkan Kemendagri yang akan membantu aparat desa dalam mengelola keuangan agar sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Ia menjelaskan Kabupaten Agam didapuk menjadi piloting Siskeudes di Pulau Sumatera. Sebelumnya, Siskeudes ini telah lebih dulu diimplementasikan di Bali dan Jawa Tengah.

“Kabupaten Agam dipilih menjadi Pemda pertama yang menjadi piloting aplikasi Siskeudes di Sumatera karena dinilai memiliki komitmen yang kuat dalam penerapan aplikasi Siskeudes bagi seluruh nagari,” jelas Eko.

Sementara itu, Pemimpin Bank Nagari Cabang Lubuk Basung, Musa Adiguna mengungkapkan penerapan Sikeudes di Kabupaten Agam akan terhubung dengan Nagari Cash Management (NCM).

NCM Bank Nagari memang diluncurkan untuk membantu Gerakan Non-Tunai yang sudah lama dicanangkan oleh Pemerintah Pusat.

“Melalui Sikeudes yang terhubung dengan NCM Bank Nagari, diharapkan tujuan penggunaan Siskeudes untuk pengelolaan keuangan yang lebih transparan dan akuntable bisa kita wujudkan,” harapnya.

Menurut Musa, dipilihnya Kabupaten Agam sebagai piloting Siskeudes yang terhubung dengan NCM Nagari merupakan kesempatan yang diberikan Kemendagri yang tidak boleh dilewatkan begitu.

“Apresiasi yang diberikan Kemendagri kepada Kabupaten Agam ini merupakan kesempatan yang akan kita manfaatkan dengan baik sehinga menjadi barometer penggunaan Siskeudes di Indonesia,” terang Musa Adiguna.

Sosialisasi Siskeudes yang terkoneksi dengan NCM ini diikuti wali nagari dan bendahara di lingkungan Kecamatan Lubuk Basung, Ampek Nagari dan Tanjung Mutiara. (Warman/AMC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here