Hadapi Pemilu 2024, Kesbangpol Agam Rancang Pendirian Posko Kepemiluan

Onlinekoe.com |Agam – Menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Agam merancang pendirian Posko Kepemiluan.

Kepala Badan Kesbangpol Agam melalui Sekretaris, Eka Basmira mengatakan pihaknya bertekad menyukseskan jalannya proses Pemilu 2024.

Ia menjelaskan pada Pilpres dan Pileg tahun ini, pihaknya mengambil peran sebagai pelapis yang akan mendukung lembaga penyelenggara pemilu seperti KPU dan Bawaslu.

“Namun di Pilkada nantinya, tentu Kesbangpol akan ambil peran lebih, karena sifatnya bukan lagi sebagai penyokong tapi akan jadi tugas pokok,” kata Eka dalam keterangannya, Kamis (1/2/2024).

Untuk Pilpres dan Pileg, kata Eka, Kesbangpol Agam tengah merancang pendirian Posko Kepemiluan sebagai langkah untuk menyokong kelancaran pesta demokrasi.

Posko ini akan dimanfaatkan sebagai pusat koordinasi untuk mengelola informasi terkait pemilu, termasuk pelaporan hasil monitoring atau pemantauan dari berbagai sumber.

“Posko ini segera kita dirikan di Kantor Kesbangpol Agam sekaligus dengan tim pemantau pelaporan evaluasi perkembangan politik di daerah ini,” ungkapnya.

Eka lebih lanjut mengatakan bahwa posko ini akan melibatkan beberapa unsur baik dari aparat pemerintah daerah, maupun lembaga vertikal lainnya.

Menurutnya, posko ini merupakan langkah proaktif untuk memastikan setiap tahapan pemilu berjalan sesuai aturan dan menciptakan lingkungan politik yang sehat.

“Artinya posko ini sebagai bank informasi kepemiluan seperti hasil perhitungan suara. Namun, tentu hasil perhitungan kami ini bukan final, ada human error pastinya. Untuk informasi final tentu KPU yang berkewenangan menyampaikan,” terang Eka Basmira menutup. (Warman/AMC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here