Beranda Ragam Indonesia Harus Benah Diri Nyamankan Investor

Indonesia Harus Benah Diri Nyamankan Investor

Onlinekoe.com, Medan – Indonesia harus cepat berbenah diri terutama di daerah yang masih mempersulit izin usaha karena sistem birokrasi panjang dan berbelit-belit.

“Jika tidak dapat memberi kenyamanan bagi investor, dikhawatirkan mereka beralih ke negara lain berinvestasi yang lebih nyaman,” kata pengamat dunia usaha, Dayan Sutomo kepada Sumaterapost.co, Senin 9/9/2019.

Dia mencontohkanTiongkok memindahkan sejumlah pabriknya ke Vietnam, Thailand, Kamboja dan Malaysia.Sementara Jepang pindahkan puluhan pabriknya ke Vietnam, keThailand, Kamboja dan Malaysia. Indonesia hanya ke bagian hanya 10 pabrik.

Vietnam kata Dayan terkenal gaji buruhnya masih murah dan pekerjanya rajin-rajin.Investor terkesan enggan berinvestasi di Indonesia , mungkin sulit mengurus dan madalah pembebasan lahan.

“Seharusnya negara yang status berkembang tidak boleh jadi negara “demokrasi berlebihan”. Apalagi setiap orang punya pendapat lain , dan ada orang merasa dirinya hebat,” ucap Dayan.

Di Tiongkok/China bila menganut ideologi demokrasi maka akan lebih parah , dengan penduduk 1,5 miliar , setiap hari ribut besar, pasti tidak bisa membangun negaranya.

Di sisi lain, Dayan melihat Indonesia sudah ada pengusaha-pengusaha yang sudah memindahkan pabriknya ke Vietnam dan Kamboja.Seperti Maspion dulu memproduksi dari bahan mentah hingga barang jadi, sekarang mengimport barang jadi dari Tiongkok dan di pabriknya cuma merakit komponennya.

“Seperti kita ketahui, sekarang perdagangan apapun di indonesia mulai mengalami stagnasi pasar terhadap produk dalam negeri. Yang banyak produk import membajiri negeri ini,” sebut Dayan seraya menambahkan maka kedepannya “Indonesia” kalau tidak cepat menoreksi diri bisa terancam krisis investasi dan resesi seperti 1998.(tiara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here