Kakorlantas Tinjau Kesiapan Operasi Lilin dan Nataru

Onlinekoe.com | Bogor — Jelang natal 2022 dan tahun baru 2023 Polri melalui Korp Lalu Lintas (Korlantas) sudah meninjau kesiapan sarana dan prasarana.

Kepala Korp Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen (Pol) Firman Shantyabudi cek jalur sekaligus meninjau sarana dan prasarana Operasi Lilin di Bogor, Jawa Barat.

“Kita melakukan survei-survei awal, ini umum kita laksanakan, nanti tangal 7 akan kita laksanakan rapat kerja selain survei rutin yang kita kerjakan untuk memastikan kesiapan jajaran maupun kesiapan sarana dan prasarana yang biasanya dijadikan sasaran untuk pengamanan natal dan tahun baru.” ujar Kakorlantas Polri, Irjen (Pol) Firman Shantyabudi, di Pos Polisi Simpang Gadog, Bogor, Jawa Barat. Senin.

Di lokasi, Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mendapatkan pemaparan dari Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata. Selain paparan, bersama stakeholder juga melihat video hingga tactical floor game (TFG).

“Sejauh ini kami bersyukur bahwa jajaran khususnya di wilayah Bogor yang sudah menyiapkan sedemikian rupa jalur-jalur yang akan digunakan pada saat pengamanan natal dan tahun baru.” ujar Kakorlantas Polri Irjen (Pok) Firman Shantyabudi lagi.

Lebih lanjut Kakorlantas menyampaikan selain melihat sejauh mana kesiapan, pihaknya bersama stakeholder terkait akan memberikan support kepada rekan personel yang bertugas terkait dengan sarana dan prasarana selama pengamanan Operasi Lilin 2022.

“Tentunya ini harus kita pantau kebetulan belakangan juga kita lihat beberapa daerah terimbas dan terkena bencana, ini tidak lepas dari persiapan dan komunikasi kita dengan stackholder yang ada.” jelas Irjen (Pol) Firman Shantyabudi .

Kakorlantas Polri menegaskan kepada personel yang bertugas untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat sebelum pelaksanaan operasi seperti cara bertindak diantaranya rekayasa lalu lintas maupun jalur-jalur alternatif yang akan diterapkan guna mencegah penumpukan kendaraan.

“Penting saya sampaikan kepada jajaran yang nanti akan melaksanakan tugas pengamanan ini, untuk terus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang CB (cara bertindak) yang akan dikerjakan maupun informasi pada masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan.” ujarnya.

Lebih lanjut dia menyebut dari hasil perhitungan Kapasitas di jalur puncak diketahui mencapai angka 40.000 kendaraan artinya kendaraan yang masuk kejalan tol maupun lewat jalur alternatif telah dihitung agar tidak terjadi over kapasitas, agar tak terjadi penumpukan kendaraan.

“Oleh karena itu penting kita lakukan ketika jam demi jam berlalu petugas sudah menghitung sampai batas dan indikator mana, apakah di jalan tol ekor yang sudah kelihatan padat contoh ke arah puncak akan dibelokan ke arah bogor kota lewat jalan alteri dan lain sebagainya.” jelas Kakorlantas Polri Irjen (Pol) Firman Shantyabudi.

Sebelumnya, Korlantas Polri beserta rombongan telah mengecek kesiapan pos Operasi Lilin 2022 jelang Libur Nataru, di Pos Lalu Lintas (Lantas) Cikopo, Jawa Barat dan Pos Terpadu Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah hingga Pos Polisi Karanglo Malang, Jawa Timur, pada 28-29 november 2022 lalu.

Tentunya sinergi dan kolaborasi dengan seluruh stakeholder dan lapisan masyarakat penting dilakukan agar kondisi tertib aman dan nyaman dapat tercipta pada perayaan Nataru.

Adapun kegiatan ini Kakorlantas Polri Irjen (Pol) Firman Shantyabudi didampingi oleh Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen (Pol) Aan Suhanan, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes (Pol) Eddy Djunaedi, Kasubditwal & PJR Ditgakkum Korlantas Polri Kombes (Pol) Juni Direktur, dan Kasubdit Jemenopsrek Ditkamsel Korlantas Polri Kombes (Pol) Indra Jafar.

Selain itu, turut hadir juga Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Hendro Sugiatno, Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan dan BPTJ

(Al/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here