Beranda Ragam Kalah Pilkades, Jalan Beton Dibongkar, Pemkab Belum Bersikap

Kalah Pilkades, Jalan Beton Dibongkar, Pemkab Belum Bersikap

Onlinekoe.com, Bogor – Gara gara kalah di Pilkades, di Desa Tangkil, Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor, yang digelar 3 November lalu. Timses salah satu calon yang kalah bongkar jalan beton, bersumber dari Dana Desa. Dikeruk hingga menyisakan tanah dan berlubang.

Aksi gila warga Kampung Jogjogan, Desa Tangkil ini, tak satupun berani melerai. Tak sedikit pengendara motor, harus berputar arah dan lebih jauh. Jalan beton tersebut, jalan alternatif Desa Tangkil menuju Desa Cinagara, Bogor.

Aksi brutal Timses, belum terdengar langkah Pemkab Bogor, atas insiden tersebut. Sumber dilokasi menyebutkan, ada ruas jalan yang digali sedalam kurang lebih 150 cm agar pengendara motor tidak bisa melintas di jalan tersebut.

Beberapa warga yang ditemui dilokasi, mengatakan semenjak jalan alternatif itu dibongkar, ia mereka terpaksa harus memutar arah dengan jarak tempuh lebih jauh.

Pengakuan warga setempat, jalan tersebut sudah ada sejak puluhan tahun. Untuk memudahkan mobilitas warga kedua desa, Pemerintah Desa Tangkil Bogor membeton jalan lingkungan itu pada tahun 2016 melalui anggaran dana desa.

Pjs Desa Tangkil, Aruman, menjelaskan, pemerintah desa bersama Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Caringin telah melakukan mediasi dengan pemilik tanah yang juga salah satu timses paslon kades di desa tersebut.

“Sampai saat ini belum ada kesepakatan dengan pemilik tanah. Tapi kami akan terus lakukan mediasi agar jalan itu kembali bisa dilalui warga,” kata Aruman.

Aruman mengakui jika jalan lingkungan itu melintas di atas lahan pribadi. Pada tahun 2016, saat Pemdes Tangkil melakukan peningkatan jalan dengan betonisasi melalui dana desa, pemilik tidak keberatan lahannya dijadikan akses warga.

“Malah pemilik lahan ikut membantu pembangunan jalan tersebut. Pemilik tidak pernah menghentikan pembangunannya,” tuturnya. (Den)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here