Kapolda Metro Jaya Hadiri Karya Bakti TNI AD

Onlinekoe.com | Jakarta — Hari ini Rabu, 13 Desember 2023, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto menghadiri kegiatan Karya Bakti pembersihan Sungai Anak Kali Krukut dan sekitar Komplek Pusat Perbelanjaan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjend TNI Muhammad Hasan, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Wali Kota Jakarta Pusat Dany Sukma, Kasdam Jaya/Jayakarta Brigjend TNI Edy Sutrisno dan Kadispenad Brigjend TNI Kristo Mei.

Kegiatan karya bakti kali ini diadakan di wilayah Kodim 0501/JP. Sebelum melakukan giat bersih-bersih , jajaran Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, Damkar, Satpol PP, Sudin Badan Air, Sudin Lingkungan Hidup, Dishub, Personil PPSU melaksanakan apel pagi. Mereka tampak membawa peralatan bersih-bersih seperti sapu lidi, karung, pengki serta saringan sampah.

Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengatakan untuk Menghadapi hujan harus menyiapkan aliran air, pembersihan pasar tradisional dan menanam pohon agar tidak terjadi banjir.

“Menghadapi hujan ini kita harus menyiapkan aliran- aliran air supaya tidak terjadi banjir dan juga Kami juga melakukan banyak hal, untuk pembersihan pasar-pasar tradisional di seluruh Indonesia, termasuk kita mulai menanam pohon lagi,” ujar Kasad di lokasi.

Lebih lanjut dia menambahkan, bencana El Nino yang terjadi beberapa waktu lalu berimbas pada kerusakan alam. Sehingga, kegiatan ini sebagai antisipasi menghadapi musim penghujan yang diprediksi terjadi Februari mendatang. Selain bersih-bersih juga dilakukan penanaman pohon serentak di seluruh Indonesia.

“Karena peristiwa kemarin El Nino banyak hutan terbakar, banyak pohon mati. kegiatannya pembersihan aliran air untuk menghadapi musim hujan sehingga tidak pengaruhi aliran air bagus untuk kebersihan kita, termasuk memulai menanam pohon seluruh Indonesia,” jelas Kasad.

Ia mengatakan, setidaknya 600 personel dikerahkan dalam kegiatan hari ini. Personel datang dari unsur TNI, Polri,Satpol PP, Pemprov DKI, gojek, komunitas, yayasan hingga swasta.

“Tidak hari ini saja karena seluruh Indonesia serentak,” jelas Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Lebih lanjut dia menambahkan, kepada jajarannya supaya menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan.

“Pesannya sambil mengingatkan masyarakat harus menjaga. Kalau ini bersih-bersih terus jadi tukang bersih-bersih kita. Kita kerja sambil kampanyekan supaya hidup bersih, jangan ganggu aliran air supaya terhindar dari bencana,” pungkas Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

(Alex)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here