Pemkab Agam Respons Cepat Kejadian Longsor di Nagari Panta Pauah

Onlinekoe.com | Agam – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam merespons dengan cepat terhadap kejadian longsor yang melanda Ruas Jalan Kabupaten, terutama di Jorong Panta dan Jorong Pauh, Nagari Panta Pauah, Kecamatan Matur pada Jumat (26/4/2024) malam.

Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalop_PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam melaporkan bahwa material longsor menutupi akses jalan Kabupaten sebanyak empat titik.

“Telah terjadi longsor di empat titik, yaitu satu titik di Jorong Panta dan tiga titik di Jorong Pauh, Kecamatan Matur. Ketinggian material mencapai tiga meter dengan panjang sekitar enam meter,” kata Kalaksa BPBD Kabupaten Agam, Budi Perwira dalam keterangannya.

Ia melanjutkan, meskipun akses jalan masih bisa dilalui kendaraan roda dua dengan sistem buka-tutup, Namun, kendaraan roda empat tidak dapat melintas.

Budi Perwira juga menyampaikan bahwa saat ini alat berat telah standby di kantor Camat Matur dan dalam proses perbaikan alat bersama Dinas PUPR.

“Saat ini, sedang dilakukan perbaikan alat berat bersama PUPR Kabupaten karena kondisi ban belakang yang kurang angin,” jelasnya.

Kondisi terkini, untuk di Jorong Panta, kendaraan roda empat sudah bisa melalui ruas tersebut, Namun, kendaraan dari atas atau ngarai menuju simpang Panta belum bisa dilalui karena kondisi jalan yang licin dan mendaki.

Tim dari berbagai instansi terkait, termasuk BPBD dan Dinas PUPR dikerahkan untuk membersihkan material longsor dan memastikan keamanan jalan segera dipulihkan.

“Upaya ini dilakukan agar masyarakat dapat kembali menggunakan jalan tersebut dengan aman dan lancar,” terang Budi Perwira menutup. (Warman/IKP Diskominfo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here