Penerapan e-TLE, Ditlantas PMJ Kembangkan Teknologi Face Recognition

Onlinekoe.com | Jakarta — Untuk menerapkan tilang elektronik (e-TLE), Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengembangkan teknologi face recognition. Teknologi ini digunakan untuk mendeteksi pengendara yang tidak miliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Untuk mengaplikasikan teknologi face recognition itu, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya (PMJ) akan bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi DKI Jakarta.

“Face recognition menangkap wajah, namanya siapa, alamatnya di mana, punya SIM atau tidak, bisa terdeteksi. Kamera ini sudah ada alatnya,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Latif Usman, Senin (5/12/2022).

Lebih lanjut dia mengatakan, langkah ini dilakukan untuk mempermudah mendeteksi wajah pengendara.

“Kita nanti kerja sama dengan Dukcapil. Data orang nanti berkembang pakai face recognition,” jelas Dirlantas PMJ Kombes (Pol) Latif Usman lagi.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebelumnya telah menginstruksikan untuk menghapus tilang manual terhadap pelanggar lalu lintas, kemudian diganti tilang elektronik atau e-TLE.

Menindaklanjuti intruksi Kapolri itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Latif Usman mengimbau masyarakat lebih berhati-hati dalam berkendara karena penghilangan tilang manual bukan berarti pengendara bisa melakukan pelanggaran.

“Kami melakukan tilang elektronik bukan untuk sebanyak-banyaknya menilang. Kita memberikan pesan bahwa pengendara harus hati-hati dalam berkendaraan,” ujarnya.

“Kami memberikan pesan bahwa seluruh ruas jalan sudah terawasi dengan maksud kami yang masih ada di lapangan tidak ingin menganggu aktivitas masyarakat yang sedang berproduktivitas,” pungkas Dirlantas PMJ Kombes (Pol) Latif Usman.

(Alex)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here