Beranda Ragam Peran dan Partisipasi Mahasiswa Dalam Pesta Demokrasi

Peran dan Partisipasi Mahasiswa Dalam Pesta Demokrasi

Onlinekoe.com – Pemilu merupakan sarana penyaluran aspirasi rakyat dalam proses pergantian kepemimpinan. Dalam proses pelaksanaanya tentu semua elemen masyarakat juga diharapkan ikut berpartisipasi mengawasi jalanya proses pemilu, termasuk mahasiswa.

Mahasiswa memilik peran dan fungsi yang sangat penting kaitanya dengan proses demokrasi.

Sebagai kaum intelektual mahasiswa tentu memiliki ilmu, taktik dan strategi sendiri dalam kaitanya untuk mempengaruhi masyarakat agar suksesi pemilu dapat berjalan dengan baik.

Peran peran lain seperti agen perubahan, control sosial fan iron stock dalam kaitanya dengan pemilu juga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan eksistensi.

Pendidikan politik masyarakat harus terus dijalankan dengan efektif, efisien dan berkesinambungan, terutama dalam mengubah paradigma masyarakat tentang fungsi pemilu, partisipasi, sistem kepemiluan, tahapan tahapan pemilu dan rasionalisasi pemilih.

Mahasiswa bisa mengambil segmen segmen penting dalam masyarakat seperti pemilih pemula, komunitas pemuda, organisasi kepemudaan untuk kemudian bagaimana caranya meningkatkan partisipasi pemilih di segmen segmen tersebut.

Tingkat partisipasi pemilih dari tahun ketahun saat pemilu mengalami fluktuasi bahkan trennya mengalami penurunan. Seperti partisipasi pemilih pilkada serentak tahun 2018 yang hanya mencapai 73,24 persen. Sedangkan KPU RI Menargetkan angka partisipasi pemilih pada pemilu 2019 mencapai 77,5 persen.

KPU untuk mencapai target itu tentu tidak mudah mengingat terjadinya polarisasi pemilih, golput, kampanye elit politik yang menurunkan partisipasi, dan maraknya hoax dikalangan masyarakat dan media sosial.

Disinilah letak peran mahasiswa yang sangat penting. Terutama kaitanya dengan pendidikan politik kepada masyarakat agar partisipasi masyarakat pemilih terus meningkat, dan pada akhirnya jika pemilih sudah berdaulat, maka negara akan kuat.

Dirilis oleh Wakabid Hukum dan Politik, DPC GMNI Pringsewu, Andre Bagus Setiawan.(19/01/18)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here