Tinggal Hitungan Jam, Pesta Demokrasi Akbar akan Digelar di Indonesia

Onlinekoe.com | Agam – Beberapa jam ke depan Bangsa Indonesia akan menggelar pesta demokrasi akbar, Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 serentak di seluruh wilayah Indonesia. Ini bertujuan untuk memilih pemimpin baik presiden dan wakil presiden maupun para senator dan legislator untuk lima tahun ke depan.

Tanda-tanda pelaksanaan pesta demokrasi tersebut juga terjadi di Kabupaten Agam khususnya di Kota Lubuk Basung sebagai pusat pemerintahan telah banyak terlihat pada hari-hari terakhir ini.

Imbauan dan sosialisasi yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Agam dengan melibatkan pihak-pihak terkait dalam melaksanakan dan mengantisipasi gangguan yang mungkin terjadi guna menciptakan kondisi aman dan damai.

Pada Selasa (13/2) sore, geliat kepemiluan tersebut semakin terlihat dan beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di sekitaran Kota Lubuk Basung juga telah melakukan persiapan dari tadi siang.

TPS 065, 074 dan 075 yang merupakan TPS yang berada di jalan utama Kota Lubuk Basung itu juga bergiat menyiapkan perlengkapan-perlengkapan pencoblosan seperti pemasangan batas dan penyiapan bilik suara.

Kemudian di TPS 065 panitia pelaksana menyiapkan empat bilik suara, meja pendaftaran dan kursi tunggu yang akan dibuka dari pukul 07.00 hingga 13.00 WIB esok harinya untuk warga yang terdata dalam DPT.

Selanjutnya untuk warga yang tidak terdata dalam DPT, memilih pukul 12.00-13.00 WIB atau satu jam sebelum pemungutan suara berakhir.

“Pemilih dengan KTP ini, hanya bisa mencoblos di TPS sesuai dengan alamat yang tercantum dalam KTP elektronik,” terangnya.

Ketua TPS Ervina mengatakan bahwa persiapan awal untuk TPS 065 akan dirampungkan pada malam ini. “Kita usahakan malam ini segala sesuatu yang diperlukan untuk penyiapan TPS akan kita lakukan, untuk menghindari keterlambatan pelaksanaan pada esok hari,” kata Vina dalam keterangannya.

Ia menjelaskan Pemilih yang akan menggunakan hak pilih di TPS 065 Jorong IV Surabayo, Nagari Lubuk Basung ini adalah sebanyak 284 Pemilih berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada.

Pihaknya berharap, pemungutan suara esok hari dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada hambatan dan berlangsung dengan jurdil.

“Kami yang tergabung dalam Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 065 ini, mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban dan datang ke TPS untuk melakukan pencoblosan karena suara kita menentukan masa depan bangsa,” imbau Ervina.

Sementara itu, seorang warga yang bernama Sriyuhanita yang juga terlihat dalam penyiapan TPS 065 hingga malam ini berharap, Pemilu ini dapat menghasilkan pemimpin-pemimpin yang amanah dan bisa memperbaiki kehidupan masyarakat di waktu yang akan datang. (Warman/IKP Diskominfo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here