Toreh Prestasi, Putra Agam Jadi Ambassador Istambul Youth Summit 2024

Onlinekoe.com | Agam – Putra daerah Kabupaten Agam Rian Rendi, menorehkan prestasi membanggakan di tingkat Internasional.

Pemuda asal Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari ini terpilih sebagai delegasi sekaligus Ambassador Istambul Youth Summit 2024 yang digelar di Istambul, Turki.

Rian mengatakan, Istambul Youth Summit 2024 merupakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang menghadirkan pemuda dari berbagai negara di dunia. Kegiatan ini mengusung tema Innovation and Collaboration: Unlocking Youth-driven Solutions for Sustainability.

“Saya dinyatakan lolos sebagai salah satu delegasi mewakili Indonesia setelah mengirimkan sebuah esai tentang kondisi pendidikan di Indonesia,” kata Rian saat menemui Bupati Agam, Dr. Andri Warman, MM., Jumat’ (29/12/2023).

Ia mengungkapkan, ketertarikannya mengikuti kegiatan bertaraf Internasional itu untuk membuktikan bahwa pemuda di pelosok daerah juga memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dengan kegiatan dunia.

Menurut Rian, pemuda di daerah boleh saja tinggal di pelosok, Namun, itu bukan alasan untuk menyampaikan pemikiran-pemikiran briliant bahkan sampai ke dunia Internasional.

“Jadi anak muda harus mendunia, meski kita tinggal di daerah, pemikiran kita tidak boleh tertinggal. Kita harus berpikiran luas untuk mengenal dunia luar,” tuturnya.

Sekilas Rian bercerita, nantinya di kegiatan tersebut akan mensyiarkan kebudayaan dan pendidikan yang ada di Indonesia. Selain itu, ia juga akan belajar banyak tentang kebudayaan negara-negara yang ada di belahan dunia lainnya.

“Nantinya akan ada pertukaran pemahaman kebudayaan, pendidikan dan akan ada juga pengetahuan-pengetahuan lain yang akan didapat,” katanya.

Rian menjelaskan, kegiatan ini akan berlangsung pada 4 hingga 7 Maret 2024 mendatang di Istanbul, Turki. Pada kegiatan ini, Rian sekaligus menjadi Ambassador Istambul Youth Summit 2024.

“Mungkin di Sumatra Barat (Sumbar) hanya saya satu-satunya pemuda yang terpilih sebagai Ambassador kegiatan yang diikuti 100 delegasi di seluruh dunia,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Agam Andri Warman, mengungkapkan kebanggaannya atas keberhasilan putra daerah ini.

Menurutnya tidak banyak anak muda yang memiliki kesempatan menjadi delegasi Indonesia di kancah Internasional.

“Selamat kepada Rian. Jika nanti ada terkendala di kemudian hari, pemerintah daerah akan mencarikan solusinya,” ucap Andri Warman menutup. (Warman/AMC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here