Toyota-Astra Motor Raih Katadata Green Initiative Award

Onlinekoe — PT Toyota-Astra Motor (TAM) memperoleh penghargaan Katadata Green Initiative Award (KGIA) mewakili sektor Transportation/Technology sebagai rangkaian Katadata Sustainability Action for The Future Economy (SAFE) 2023.

Dalam penghargaan yang diberikan di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Selasa (26/9), PT TAM terpilih karena memiliki inisiatif untuk meningkatkan dampak positif bagi lingkungan dan menciptakan sistem yang berkelanjutan. Dengan semangat continuous improvement, Toyota menjalankan strategi Multi Pathway dalam menghadirkan carbon-neutral mobility solution yang lebih lengkap dan edukasi eco friendly lifestyle untuk meningkatkan kontribusi masyarakat dalam menekan emisi karbon.

“Toyota mengapresiasi penghargaan Katadata Green Initiative Award (KGIA) mewakili sektor Transportation – Technology berkat inisiatif kami menjalankan program Toyota Environmental Challenge 2050 dan Net Zero Emission 2060 Pemerintah Indonesia untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih, khususnya dari sektor otomotif. Toyota mengidentifikasi salah satu pemicu polusi udara adalah emisi karbon yang berasal dari gas buang kendaraan bermotor dan menjalankan strategi Multi Pathway sebagai solusi berkelanjutan, seperti menghadirkan kendaraan elektrifikasi (xEV) dan Flex-Fuel Technology, mendukung mobilitas xEV bermodalkan jaringan outlet kami yang luas, serta mengedukasi masyarakat mengenai ekosistem dan gaya hidup ramah lingkungan,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Katadata Green Initiative Awards (KGIA) merupakan penghargaan yang diberikan oleh Katadata Insight Center (KIC) kepada perusahaan yang memiliki inisiatif untuk meningkatkan dampak positif bagi lingkungan dan menciptakan sistem yang berkelanjutan. Di tahun kedua KGIA, KIC memberikan apresiasi untuk perusahaan di 5 sektor, yaitu finance, energy – mining, transportation – technology, industri barang konsumsi, serta lembaga nonperusahaan (Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, dan Civil Society). Penghargaan diberikan kepada perusahaan dengan inisiatif hijau baru atau inisiatif dengan dampak yang terasa secara nyata dalam 1-2 tahun terakhir.

Inisiasi Toyota di Indonesia berdasarkan visi IT’S TIME FOR EVERYONE, ditujukan bagi siapapun untuk bisa ikut berkontribusi bersama mencapai netralitas karbon. Toyota mengembangkan ragam teknologi ramah lingkungan untuk secara langsung menekan produksi emisi karbon. Termasuk teknologi elektrifikasi, serta mesin ICE terkini yang lebih canggih dan efisien. Selanjutnya, Toyota juga mengembangkan Flex-Fuel Technology dengan pemanfaatan bahan bakar ramah lingkungan yang membuat produk Toyota lebih fleksibel dalam penggunaan energi alternatif baru dan mempercepat pengurangan emisi karbon. Masyarakat pun diuntungkan lantaran dapat memilih eco friendly vehicle yang paling sesuai gaya hidup dan kebutuhannya.

Toyota telah menghadirkan berbagai kendaraan elektrifikasi lengkap untuk dipilih oleh masyarakat, mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), hingga Battery Electric Vehicle (BEV).

Inisiatif dan pengembangan teknologi xEV Toyota sanggup mengikuti trend, gaya hidup, pengetahuan, dan kebutuhan pelanggan, bahkan menjadi pioneer yang berawal dari kehadiran Toyota Prius di tahun 2009, dilanjutkan dengan produksi lokal All New Kijang Innova Zenix HEV dan All New Yaris Cross HEV di tahun 2022 dan 2023 sebagai milestone terbaru.

Toyota tidak hanya menghadirkan xEV, namun juga membangun ekosistem yang mendukung mobilitasnya secara berkelanjutan. Toyota memastikan bahwa fasilitas bengkel resmi sanggup melayani kebutuhan servis dan perbaikan xEV sesuai standard Toyota global, lengkap dengan warranty baterai xEV hingga 8 tahun atau 160.000 km, tergantung yang tercapai lebih dahulu, untuk menjamin kualitas dan daya tahannya.

Pelanggan BEV Toyota bZ4X dan Toyota RAV4 GR Sport PHEV membutuhkan fasilitas isi ulang baterai secara mandiri. Selain memperoleh paket wall charger gratis untuk dipakai di rumah, Toyota xEV Ecosystem mendukung mobilitas pelanggan dengan menyediakan fasilitas charging spot gratis di outlet Toyota, di mana saat ini telah ada di 50 dealer dari target 200 dealer di akhir tahun 2023.

Toyota xEV Ecosystem akan memperluas cakupan fasilitas charging baterai xEV dengan menyediakan Privilege Charging Spot gratis di area publik seperti parkir mal, termasuk Privilege Parking Spots untuk pemilik HEV, PHEV, dan BEV Toyota.

Toyota juga akan membangun fasilitas Ultra Fast Charging Spot di beberapa rest area Jalan Tol Trans Jawa yang membuat pemilik BEV dan PHEV Toyota semakin merasa tenang dan nyaman ketika mobilitas jarak jauh.

Upaya mencapai masyarakat netralitas karbon wajib dibarengi dengan edukasi mengenai kendaraan ramah lingkungan serta memberikan pengalaman tentang kendaraan listrik dan ekosistemnya.

Melalui EV Smart Mobility, Toyota tidak hanya menghadirkan pilihan lengkap teknologi elektrifikasi, tapi juga menyediakan ekosistem elektrifikasi yang terintegrasi untuk memberikan pengalaman baru dalam bermobilitas dengan menggunakan produk-produk elektrifikasi Toyota. Saat ini, EV Smart Mobility sudah berjalan di 2 destinasi utama wisata, yakni kawasan Nusa Dua Bali dan seputar Danau Toba Sumatera Utara.

Lewat lengkapnya teknologi mobilitas ramah lingkungan, Toyota berharap untuk berdampak lebih jauh lagi ke munculnya gaya hidup against carbon di masyarakat.

Untuk itu, diluar penggunaan kendaraan, Toyota juga mengajak masyarakat untuk mendukung program netralitas karbon dengan mengumpulkan sampah dan menyetornya ke 6 fasilitas Toyota Waste Station di beberapa lokasi di Pulau Jawa. Barang anorganik tidak terpakai yang diterima di antaranya adalah peralatan elektronik, kertas, botol, kaleng, kardus, hingga minyak goreng bekas pakai yang kemudian akan diolah dengan prinsip 3R (Reuse, Reduce, Recycle). Sampah rumah tangga yang disetorkan akan ditimbang dan pelanggan mendapatkan rewards dalam bentuk e-wallet.

“Toyota berkomitmen untuk meningkatkan kontribusi menuju netralitas karbon melalui Carbon Neutrality Mobility Solution yang komprehensif, salah satunya dengan melengkapi line-up kendaraan elektrifikasi. Selanjutnya, Toyota xEV Ecosystem disediakan untuk mendukung mobilitas kendaraan elektrifikasi Toyota melalui jaringan dealer yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia, yang akan diperluas ke area publik dan rest area jalan tol. Kami juga percaya bahwa edukasi dan pelatihan gaya hidup ramah lingkungan dapat menginspirasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam menekan emisi karbon, baik dari pemanfaatan mobilitas rendah emisi maupun mengurangi dampak negatif sampah rumah tangga,” tutup Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Fumitaka Kawashima.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here