Beranda Ragam Warga Tubaba Gunakan Kotoran Sapi Untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Warga Tubaba Gunakan Kotoran Sapi Untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Onlinekoe.com, PANARAGAN – Sejumlah warga Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Provinsi Lampung, menggunakan kotoran sapi untuk biogas guna memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Dikatakan Wakil Ketua 1 DPRD Tubaba Yantoni, bahwa program pemerintah pusat tersebut sangat memberikan manfaat besar bagi masyarakat di Tubaba.

“Baru kali ini saya melihat langsung program pembangunan biogas yang diberikan oleh pemerintah pusat, sangat bermanfaat besar bagi masyarakat, sebab mulai dari awal pembangun sampai dengan dipergunakan oleh warga dapat dinikmati dengan baik,” Kata Yantoni saat meninjau lokasi Biogas di wilayah Tirta Kencana beberapa waktu lalu.

Diakui Yantoni, program tersebut diawasi langsung olehnya, agar pembangun berjalan baik dan masyarakat benar-benar dapat menerima asas manfaatnya.

“Selama ini biogas yang dibangun, kurang memberikan manfaat, sebab tidak bertahan lama. Tetapi tahun ini bisa kita lihat sendiri hasilnya dan warga pun sangat bersyukur hasilnya memuaskan,” terangnya

Lanjutnya, Program Pembangunan biogas yang dibantu oleh pemerintah pusat melalui Kementrian lingkungan hidup sebanyak 19 unit telah diterima oleh warga Tiyuh (Kampung) Tirta Kencana sebanyak 3 unit, Pulung Kencana 1 unit, Candra Kencana 2 unit, Wonokerto 6 unit, Mulya Jaya 6 unit dan Kelurahan Mulya Asri 1 unit.

Sementara, Aripin (40) pelaku usaha tempe Rk 5 Tiyuh Tirta Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah mengatakan sangat bersyukur atas program yang diberikan dan dapat dipergunakan dengan baik.

“Saya berterimakasih kepada pemerintah pusat dan DPRD Tubaba melalui pak Yantoni yang telah merealisasikan biogas kotoran sapi dirumah saya, dengan adanya biogas ini, kotoran sapi yang ada bisa saya olah menjadi gas dan sekarang saya tidak perlu beli gas lagi. Apinya bagus dan mudah untuk dipergunakan,” ujar Aripin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here