Beranda Ragam 5 Prioritas Pembangunan, Bupati Umar Ahmad Buka Musrenbang

5 Prioritas Pembangunan, Bupati Umar Ahmad Buka Musrenbang

Onlinekoe.com, PANARAGAN – Upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pemkab Tulangbawang Barat (TUBABA) telah menyusun 5 prioritas pembangunan untuk satu tahun mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Tubaba Umar Ahmad dalam sambutannya pada pembukaan acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) di Aula Sekretariat Pemda setempat pada (19/3/2019) pukul 10.00 Wib

Menurut Bupati, dari lima prioritas pembangunan satu tahun kedepan tersebut itu terdiri atas. Pembangunan Infrastruktur untuk pertumbuhan Ekonomi yang berkualitas, pembangunan SDM melalui peningkatan Aksesibilitas dan kualitas pelayanan dasar, pemberdayaan Masyarakat melalui pengembangan ekonomi rakyat juga peningkatan nilai tambah sebagai upaya pengurangan kemiskinan, reformasi Birokrasi, dan peningkatan Investasi melalui kemudahan berusaha.

“ Untuk sasaran makro dari penyusunan RKPD Tubaba tahun 2020 antara lain. Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) 6,1 persen, Inflasi 3,0-3,5 persen, Tingkat kemiskinan 5,35 persen, Indek Pembangunan Manusia (IPM) 66,59 persen, Tingkat Pengangguran terbuka 0,72 persen, dan Indeks Gini 0,31-0,32.” Kata Bupati,

Lanjut Bupati, dengan menempatkan pembangunan sektor infrastruktur, SDM, pemberdayaan masyarakat yang ditopang pemanfaatan dana Tiyuh (Desa) yang semakin besar setiap tahunnya. Juga peningkatan tata kelola pemerintah yang baik serta peningkatan investasi melalui kemudahan berusaha, oleh karenanya seluruh sasaran tahun 2020 tersebut dapat terwujud.

“ Dalam hal ini partisipasi semua pihak mulai sejak proses perencanaan, proses pelaksanaan pembangunan, bahkan lebih jauh lagi adanya partisipasi dalam memelihara hasil pembangunan. Oleh karenanya pembangunan tersebut haruslah menjadi milik bersama, sehingga keberhasilan dan keberlanjutan pembangunan dapat terjaga.” Katanya.

Kita ketahui bersama, Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tulangbawang Barat masih didominasi oleh sektor pertanian dan perkebunan, di samping sektor-sektor lain seperti perdagangan, peternakan, dan UKM.

“ Berdasar besarnya peran sektor ekonomi  tersebut di atas, Pemerintah Tubaba bertekad untuk memperbaiki sektor Infrastruktur, penunjang perekonomian dan pelayanan publik. Tekad ini diformulasikan dalam tema Musrenbang Tubaba 2019.” Imbuhnya.(andi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here