Beranda Ragam Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Terus Gali Potensi Wisata

Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Terus Gali Potensi Wisata

Onlinekoe.com, Liwa- Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata terus menggali potensi wisata selain Obyek Wisata yang terhampar luas di wilayah Lambar juga Budaya kearipan Lokal yang ada di Lampung Barat menurut Ronggur L Tobing Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Lambar di Ruang Kerjanya, Kamis 20/03.

Menurut Ronggur obyek wisata merupakan salah satu potensi yang dapat dikelola dan dikembangkan untuk kemajuan daerah Lambar dan kesejahteraan masyarakatnya. Untuk mensukseskan sesuai dengan yang diharapkan maka pembangunan potensi dibidang pariwisata itu dapat dikelola dan dikembangkan dengan baik sehingga mampu memberikan manfaat bagi masyarakat dan pemerintah.

Khusus pariwisata ada 76 spot wisata tersebar di Lampung Barat dari mulai Sumberjaya hingga Lumbok Seminung, seperti Danau Ranau, kebun Raya Liwa(KRL), Negeri Diatas Awan Gerday, Air Terjun Cengkaan, Rest Area, Arung Jeram, Kampung Kopi Pekon Rigisjaya, dsbnya.  Saat ini kita masih terus menggali dan mendorong Desa/Pekon Wisata.

Ronggur juga menyampaikan, Obyek wisata yang sekarang sudah dikelola itu berupa obyek wisata Alam seperti Danau Ranau dengan Gunung Seminung yang begitu indah di kelilingi Danau Ranau yang terhampar luas dan Airnya yang masih jernih ditambah makanan khas Danau Ranau yaitu panggang Ikan Mujaernya.

Selain Danau Ranau dan Gunung Seminung juga ada Kebun Raya Liwa dan Taman Hamtebiu yang sudah dijadikan tempat pariwisata atau rekreasi bagi masyarakat Liwa dan sekitarnya. Tempat ini masih dijadikan unggulan Lampung Barat karena di kabupaten lain baik di Lampung maupun diluar Lampung belum ada menurut Ronggur.

Kalau Obyek Wisata Danau dan Gunung dengan air terjunnya itu hampir disetiap daerah yang ada di Indonesia punya, tapi kalau Budaya kearipan lokal seperti nyambai dan Sakura yang punya hanya Lampung Barat tegas Ronggur.

Nyambai dan Sakura ini orang belum banyak tahu terutama generasi muda sekarang, tapi dengan peran serta Pemerintah Daerah Lambar sekarang budaya ini dihidupkan lagi terutama menyambut setiap ada tamu Pemda dari luar Daerah Lambar dan kegiatan Pemerintah Daerah Lambar.

Untuk pelestarian seni budaya Nyambai ini didukung sepenuhnya oleh Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus yaitu dengan cara mengadakan pestival nyambai yang diikuti oleh 15 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Barat. (Aep).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here