Beranda Lampung ITS Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Pascasarjana Periode 2019/2020

ITS Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Pascasarjana Periode 2019/2020

Onlinekoe.com, Surabaya – Program pascasarjana Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya membuka pendaftaran mahasiswa baru periode 2019/2020. Ada puluhan program studi di ITS yang dapat dipilih baik di jenjang magister maupun doktor yang pendaftarannya akan dibuka dalam dua gelombang.

Gelombang pertama telah dimulai sejak 11 Februari 2019 lalu hingga 15 Maret 2019. Setelah itu, pendaftar akan melaksanakan ujian masuk pada 19 Maret 2019 dan hasilnya akan diumumkan pada 2 April 2019. Pendaftaran gelombang kedua akan dibuka mulai 6 Mei 2019 hingga 19 Juli 2019. Setelah itu, ujian masuk akan dilaksanakan pada 23 Juli 2019 dan hasilnya akan diumumkan pada 31 Juli 2019.

Pada tahun ini, ITS menyelenggarakan 20 Program Magister Reguler, 16 Program Magister Gelar Bersama dan 6 Program Magister Kerjasama. Sedangkan untuk Program Doktoral, ITS menyelenggarakan 14 Program Doktor Reguler, 4 Program Doktor Gelar Bersama dan 10 Program Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU). “Untuk Program Doktor Gelar Bersama itu kami bekerjasama dengan beberapa universitas terkenal di Asia seperti NTUST, Kumamoto University, dan Hiroshima University,” jelas Kepala Pascasarjana ITS, Dr Eng Siti Machmudah ST M Eng.

Dosen Departemen Teknik Kimia ITS ini juga menjelaskan secara singkat tata cara pendaftaran program pascasarjana ITS. Pertama, pendaftar dapat mendaftar melalui smits.its.ac.id. Di sana pendaftar menuliskan nama lengkap, tanggal lahir, dan alamat email yang valid. Selanjutnya, calon peserta akan mendapatkan email berisi Kode Bayar, Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan PIN. Kode bayar digunakan untuk membayar biaya pendaftaran, sedangkan KAP dan PIN digunakan untuk login pendaftaran online melalui smits.its.ac.id setelah pembayaran.

Setelah menyelesaikan semua proses pendaftaran online, pendaftar akan menghadapi tes tulis dan juga wawancara. Dikatakan Machmudah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pendaftar dalam menghadapi beberapa proses pendaftaran tersebut. Pertama adalah harus mencetak dan menyimpan kartu bukti pendaftaran online. Tidak lupa juga untuk menandatangani kartu bukti pendaftaran tersebut. “Dan yang paling penting adalah pendaftar membawa semua berkas asli yang diunggah untuk pendaftaran online pada saat wawancara,” urainya.

Menurut Machmudah, memilih program pascasarjana ITS sebagai tujuan utama melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi sangatlah tepat. Hal itu karena program pascasarjana ITS didukung oleh tenaga pengajar yang kompeten di bidangnya masing-masing. Pascasarjana ITS juga memiliki fasilitas laboratorium dan penunjang yang lengkap. “Hal itu sebagai bentuk upaya kami mendukung penuh peningkatan kualitas riset dan jumlah publikasi dari mahasiswa pascasarjana ITS,” tambahnya. (Christian Saputro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here