Jelang Pemilu 2024, Pembinaan dan Peningkatan Kemampuan Kasat Kamling Digelar

Onlinekoe – Satuan Binmas Polres Way Kanan menggelar kegiatan pembinaan dan peningkatan kemampuan Kasat Kamling yang berlangsung di Aula Adhi Pradana Polres Way Kanan, Kamis (01/02/2024).

Kegiatan pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Kabagops Polres Way Kanan Kompol Suharjono didampingi Kasat Binmas AKP Burhannuddin  dengan dihadiri personel Satbinmas Polres Way Kanan dan 20 peserta Kasat Kamling berasal dari Kampung Umpu Kencana, Kampung Rambang Jaya, Kampung Bumi Ratu dan Kampung Negeri Baru.

Kapolres Way Kanan AKBP Pratomo Widodo melalui Kompol Suharjono dalam sambutannya menekankan pentingnya peran Satlamling dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

Sambung Kabagops dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para peserta mampu meningkatkan keterampilan dan kepekaan mereka dalam menghadapi berbagai situasi keamanan di lingkungan sekitar, khususnya menjelang Pemilu 2024.

“Sehingga mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam menjaga ketentraman masyarakat,” terang Jono.

Dalam pelatihan ini, Kasatbinmas  AKP Burhannuddin mengajarkan peserta tentang berbagai teknik dan strategi dalam melaksanakan tugas keamanan lingkungan.

Materi pelatihan meliputi tentang Perpol 01 Tahun 2023 perubahan kedua atas Perpol 04 Tahun 2020 tentang pengamanan swakarsa lalu pengenalan sarana prasarana pos Kamling.

Selanjutnya para Kasat Kamling dilatihkan tentang PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat), perondaan atau patroli dan penjagaan.

Pihaknya berharap, para Kasatkamling dapat lebih siap dan mampu mengatasi berbagai tantangan keamanan yang mungkin timbul di lingkungan sekitar mereka.

“Selain itu, kegiatan ini menjadi bukti nyata dari upaya Polres Way Kanan dalam mensukseskan Pemilu 2024 dan memperkuat sinergi antara Kepolisian dan masyarakat untuk menjaga situasi keamanan lingkungan yang aman dan kondusif,” tutupnya.

(Reporter/bung puting)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here