Beranda Ragam Dandim 0104/Atim Hadiri Pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat Ketrampilan Laut Di Kota Langsa

Dandim 0104/Atim Hadiri Pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat Ketrampilan Laut Di Kota Langsa

Onlinekoe.com, LANGSA – Dandim 0104/Atim Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis yang diwakili Danramil 23/Langsa Barat Lettu Inf Supriyanto menghadiri pembukaan DIKLAT (Pendidikan dan pelatihan) Pemberdayaan Masyarakat keterampilan laut yang di selenggarakan oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan kelas IV Kuala Langsa, yang bertempat di Aula Cakdon (Cakra donya), Jln. Ahmad Yani, Gampong Pekan Langsa, Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa, Selasa (23-07-2019).

Dalam laporannya ketua Panitia pelaksana M. Tri Pujianto, S.ST.Pel menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut yakni: Meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keselamatan dan keamanan di dunia tranportasi, Memberikan sertifikasi kepada masyarakat agar dapat membuka kesempatan bekerja didunia tranportasi.

“Dan Salah satu bentuk nyata hadirnya pemerintah ditengah masyarakat guna meningkatkan kualitas Pendidikan dan pelatihan pada bidang transortasi, “jelasnya.

Walikota Langsa yang diwakili Asisten II Pemko Langsa Drs. H. Abdulah Gade, M.Pd dalam sambutannya sekaligus membuka Diklat tersebut bahwa, lndonesia adalah negeri maritim, tetapi kebijakan pembangunan sektor kemaritiman masih sangat kurang diperhatikan dan masyarakat yang hidup di pinggir laut, terutama yang bermata pencaharian sebagai nelayan sebagian besar kehidupan ekonominya masuk dalam kategori miskin dan sangat miskin serta nelayan kita kalah bersaing dengan nelayan-nelayan luar negeri yang masuk dan menjarah hasil laut di perairan Indonesia sehingga kita kalah dari aspek kualitas SDM, penguasaan teknologi peralatan tangkap, teknologi pengawetan ikan, dan pemasaran ikan hasil tangkapan.

Lanjutnya, Diklat hari ini merupakan salah satu wujud kehadiran negara untuk memperbaiki kehidupan nelayan atau masyarakat pesisir dan Pemerintah mendorong agar SDM kemaritiman kita semakin berkualitas sehingga mampu memanfaatkan sumber daya alam kelautan kita secara arif, bijaksana, dan berkelanjutan, dengan kemampuan SDM kemaritiman yang semakin profesional maka kita akan mampu berdaulat di wilayah kemaritiman kita sendiri.

Seraya Walikota berpesan, bahwa hari ini dan yang akan datang jangan ada lagi para pencuri ikan dan hasil laut lainnya dari luar negeri dan Kita harus mampu memanfaatkan hasil laut kita untuk kesejahteraan nelayan dan bangsa Indonesia pada umumnya, untuk itu kami berpesan kepada para peserta, ikuti Diklat ini dengan sungguh-sungguh, serius dan tertib.

“Kepada panitia, diharapkan untuk bersungguh-sungguh dalam melaksanakan Diklat ini dan Kami akan pantau serta melaporkan jika ada yang tidak benar, misalnya secara sengaja mengurangi jam belajar, memberikan fasilitas yang tidak sesuai dengan DlPA, atau bentuk ketidakseriusan lainnya, Mudah-mudahan dengan kerjasama dan saling pengertian yang bagus antara panitia, fasilitator, dengan peserta akan menghasilkan proses, out put, dan out come sesuai Kerangka Acuan Kerja (KAK)., “pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut unsur Forkopimda Kota Langsa, Perwakilan Dinas Perhubungan Kota Langsa Taufik Hidayat, SE. MSi, Perwakilan Beacukai Langsa Mawardi, Ketua Panitia pelaksana M. Tri Pujianto, S.ST.Pel, Staf dan pengurus kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan kelas IV Kuala Langsa, Peserta Diklat, Tamu dan undangan. (Mhd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here